Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Jawa Barat, mengerahkan 453 personel untuk melaksanakan pengamanan terhadap gereja, tempat wisata serta objek vital lainnya di daerahnya selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
“Kami melakukan koordinasi dengan pengurus gereja terkait dengan jadwal ibadah Natal. Selain itu pengamanan dilaksanakan di tempat-tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota,” Kata Kapolres Cirebon Kota AKBP M Rano Hadiyanto di Cirebon, Rabu.
 
Rano mengatakan tujuan pengerahan ratusan personel itu untuk mewujudkan situasi yang kondusif, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, ketika menjalankan ibadah Natal serta merayakan Tahun Baru.
 
Tidak hanya anggota Polres Cirebon Kota yang dikerahkan, kata Rano, pihaknya akan mendapatkan bantuan dari Polda Jabar, TNI dan instansi terkait lainnya untuk melakukan pengamanan tersebut.
 
“Kami juga bersama BPBD mengingatkan potensi gangguan di wilayah Kota Cirebon pada momen Natal dan Tahun Baru, seperti adanya bencana alam banjir dan lainnya agar bisa dilakukan antisipasi secara bersama,” jelasnya.
 
Menurut dia, pengamanan itu dilakukan selama 12 hari yang dimulai dari 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.
 
Sebelum dilaksanakan, Polres Cirebon Kota telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Dalam pertemuan tersebut, pihaknya berusaha menyamakan persepsi dengan sejumlah instansi terkait untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat selama libur akhir tahun kali ini.
 
“Sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar," tuturnya.
 
Selain pengamanan, ucap Rano, Polres Cirebon Kota telah menyiapkan manajemen lalu lintas guna menghadapi lonjakan kendaraan yang terjadi selama Natal maupun berakhirnya perayaan tahun baru.
 
Apalagi, Kota Cirebon berada di jalur utama mudik dan jalur lintas provinsi pada momen libur kali ini sehingga diprediksi bakal terjadi kepadatan kendaraan di jalan raya.
 
“Untuk itu Polres Cirebon Kota menyiapkan konsep pengamanan melalui Operasi Lilin Lodaya,” ucap dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023