Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar Shalat Istisqa di Kecamatan Cipongkor, untuk meminta hujan kepada Allah SWT setelah kemarau panjang melanda daerah itu hingga menyebabkan sejumlah wilayah terdampak kekeringan.

"Ini merupakan salah satu ikhtiar kita untuk bermunajat memohon diturunkan hujan dengan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahuwataala," kata Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif usai Shalat Istisqa di Kabupaten Bandung Barat, Jumat.

Baca juga: Bakteri Bacillus Cereus picu keracunan cireng di Bandung Barat, sebut Dinkes

Dengan sholat berjamaah tersebut diharapkan doa turun hujan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga dapat menghentikan kekeringan akibat kemarau panjang.

Oleh karena itu, Arsan mengajak seluruh umat Islam di daerahnya untuk melaksanakan Shalat Istisqa guna meminta hujan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Bandung Barat untuk senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, seraya berharap keberkahan, baik berupa hujan maupun jalan lainnya yang terbaik untuk kita semua," katanya.


Adapun kegiatan Sholat Istisqa kali ini telah terselenggara dua kali, setelah minggu sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Lembang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, kekeringan merupakan salah satu dampak dari fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia.

BMKG memprediksi musim hujan baru terjadi sekitar bulan November mendatang usai musim kemarau kering berkurang intensitasnya pada Oktober.

Baca juga: Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif prioritaskan masalah sampah

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023