Enam penjabat bupati dan walikota di Jawa Barat dilantik, dan diambil sumpah jabatan pada hari Rabu ini di Gedung Sate, Kota Bandung, untuk mengisi jabatan yang kosong sampai tahun 2024.

Enam penjabat yang dilantik tersebut adalah Penjabat Wali Kota Bekasi Gani Muhammad, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Kemudian Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif, Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman dan Penjabat Bupati Purwakarta Benny Irwan.

Keenam penjabat bupati dan wali kota yang memakai pakaian dinas harian (Pdh) berwarna putih tersebut, sebelum diambil sumpah secara Islam, diingatkan oleh rohaniwan pengambil sumpah bahwa sumpah yang dibaca mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, memelihara dan menyelamatkan Pancasila serta undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945.

"Serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat, sumpah ini selain disaksikan oleh diri sendiri dan yang hadir sekarang, juga penting sekali untuk disadari bahwa ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang Maha mendengar dan Maha mengetahui. Karena itu hendaknya diucapkan dalam kesadaran dan kemauan sungguh-sungguh untuk menepati," ucap rohaniwan tersebut.

Sumpah jabatan kemudian dibacakan oleh rohaniwan dan diikuti oleh keenam penjabat wali kota dan bupati yang hari Rabu ini dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat Walikota Bekasi, Walikota Sukabumi, Walikota Bandung, pejabat Bupati Bandung Barat, Bupati Sumedang, Bupati Purwakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," ucap rohaniwan yang diikuti oleh para penjabat tersebut.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengucapkan selamat kepada para penjabat yang dilantik dan mengajak pada mereka untuk bekerja dan melayani masyarakat di wilayahnya.

"Selamat bekerja dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah daerah. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan negara serta junjung ringgi prinsip penyelenggaraan negara, yaitu integritas melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan profesional dalam bekerja," ucap Bey di lokasi pelantikan.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023