Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyiapkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau agar tetap terpenuhi kebutuhan air setiap harinya.

"Kita siapkan semua sarana dan SDM untuk menghadapi kemarau," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar di Tasikmalaya, Rabu.

Baca juga: Satpol PP Kota Tasikmalaya sita 9.432 botol minuman keras

Ia menuturkan saat ini sudah memasuki musim kemarau yang harus diantisipasi ancaman kelangkaan air bersih, untuk itu diimbau masyarakat untuk selalu bijak menggunakan air.

Sejauh ini, kata dia, belum ada laporan adanya masyarakat yang kesulitan air bersih, meski begitu jajarannya tetap siaga untuk mendistribusikan air apabila ada masyarakat membutuhkan air.

"Untuk sementara ini belum ada laporan dan permintaan dari warga," katanya.

Ia menyampaikan jajarannya setiap tahun musim kemarau selalu siap siaga untuk menjamin masyarakat terpenuhi kebutuhan air bersihnya.

Seperti kemarau sebelumnya, kata dia, tercatat 10 kecamatan atau seluruh daerah di Kota Tasikmalaya mendapatkan layanan air bersih untuk keperluan sehari-hari selama kemarau.
"Sebanyak 8 juta liter air bersih didistribusikan dalam 7 bulan masa kemarau," katanya.

Ia menyampaikan untuk kesiapan musim kemarau saat ini sudah disiapkan sebanyak dua armada tangki air, kemudian dibentuk regu 12 orang yang siap siaga terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat mendistribusikan air setiap hari.

Baca juga: Wali Kota Tasikmalaya ajak masyarakat sukseskan Sensus Pertanian

Seluruh personel itu, kata dia, tidak hanya saat kondisi darurat air bersih saat musim kemarau, tapi siap membantu kebutuhan lainnya sesuai kemampuan pemerintah.

"Sekalipun tidak dalam kondisi kedaruratan kita akan bantu dengan segala kemampuan yang ada," katanya. ***3***

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023