Bupati Sukabumi, Jawa Barat, Marwan Hamami mengatakan masuknya investasi bidang pertanian di daerah itu selain bisa meningkatkan perekonomian daerah juga turut mendongkrak pendapatan petani.

"Banyak investor bidang pertanian datang ke Kabupaten Sukabumi untuk mengembangkan usaha, ini menjadi peluang dan keuntungan bagi masyarakat khususnya petani karena pendapatan bisa ikut terdongkrak," kata Marwan Hamami di Sukabumi pada Selasa.

Menurut Marwan, Pemkab Sukabumi memberikan "karpet merah" kepada para investor yang ingin menanamkan modalnya pada sektor pertanian seperti dengan mempermudah pemberian izin asalkan syaratnya lengkap dan juga wajib melibatkan warga atau petani sekitar.

Dengan demikian terjadi hubungan simbiosis mutualisme antara investor dan petani/warga setempat. Dengan hubungan yang saling menguntungkan ini aktivitas bisnis menjadi lancar dan petani pun ikut mendapatkan hasilnya sehingga perekonomian daerah meningkat.

Salah satu contohnya belum lama ini orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi kedatangan calon investor yakni PT Global Agriculture Cooperation Indonesia (GACI) yang berminat menanamkan modalnya di sektor pertanian melalui kerja sama di bidang pengembangan tanaman hortikultura.

"Dengan kehadiran PT GACI di Kabupaten Sukabumi akan membantu kehidupan para petani, apalagi perusahaan tersebut berkomitmen untuk membantu para petani dengan melibatkan langsung dalam usaha pengembangan tanaman hortikultura," tambahnya.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023