Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan sosialisasi perpustakaan dan budaya gemar membaca untuk berbagai tingkatan umur di Cianjur dengan membentuk bunda literasi kabupaten dan kecamatan serta menciptakan penggiat literasi.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Cianjur, Yanto Hartono, di Cianjur, Selasa, mengatakan untuk menumbuhkan budaya gemar membaca bagi semua usia di Cianjur, pihaknya membangun sarana dan prasarana penunjang seperti Aplikasi Perpustakaan Digital.

Baca juga: Pemkab Cianjur buat rumah kemasan atasi kesulitan UMKM

"Target dari sosialisasi ini semua kalang mulai dari anak sekolah, masyarakat umum di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, sehingga keberadaan perpustakaan umum daerah Cianjur dapat menjadi tempat untuk mereka yang gemar membaca," katanya.

Untuk menumbuhkan dan menjaga kebisaan gemar membaca itu, lanjutnya, ditunjang dengan beberapa program lainnya seperti Gerakan Cianjur Baca Online dan Offline (Gecco) dan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Taman Alun-Alun Cianjur yang dapat diakses secara umum.

Selain itu ada Program Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di setiap desa dan perpustakaan keliling dengan mendatangi setiap sekolah dan setiap kegiatan pemerintah daerah.
"Kami juga membuat Perpustakaan Goes To School yang keberadaannya dapat mensosialisasikan budaya membaca ke sekolah-sekolah," kata Yanto.

Tidak hanya itu Dinas Arpusda Cianjur juga memiliki Program Wara Wiri Literasi, Layanan Story Telling, dan sosialisasi budaya baca pada pengunjung perpustakaan dari lembaga atau sekolah yang telah mengajukan permohonan sebelumnya.

Baca juga: Cianjur buka pendaftaran nikah gratis dengan fasilitas lengkap

"Sedangkan untuk mengembangkan bakat melalui kecintaan terhadap literasi dan menulis, kami menyediakan kelas kreatif yang diisi lembaga atau perorangan yang telah bekerja sama dengan Arpusda Cianjur, seperti kelas menulis, bedah buku, dan kelas bahasa asing," katanya.

Kelas ini, tutur dia, terbuka untuk umum sehingga ketika siswa atau masyarakat umum berminat untuk mengembangkan bakat menulis dapat mengikuti kelas degan mentor tenaga ahli profesional yang sudah memiliki karya hingga nasional, termasuk budayawan dan sastrawan Cianjur.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023