Kejaksaan Agung Republik Indonesia melantik Ade Tajudin Sutiawarman menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat menggantikan Asep N. Mulyana yang sebelumnya menjadi Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan.
 
Adapun Ade sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejati Bali. Pelantikan Ade itu pun digelar di Aula Gedung Utama Kejaksaan Republik Indonesia, Jakarta, Senin.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil apresiasi kinerja Asep Mulyana di Kejati Jabar
 
"Para pejabat yang dilantik hari ini adalah pribadi-pribadi terpilih yang pastinya telah ditempa oleh waktu dan pengalaman yang sudah mempunyai kualitas yang dibutuhkan untuk memimpin dan menggerakkan roda bidang ataupun satuan kerja yang dipimpinnya," kata Wakil Jaksa Agung Sunarta dalam keterangannya.
 
Dalam kegiatan pelantikan itu, Sunarta meminta Ade untuk bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilu dan aparat penegak hukum lainnya dalam rangka mengawal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.
 
"Dengan tetap memperhatikan kewenangan yang dimiliki dan tidak ikut serta dalam kampanye pemilu atau mendukung partai politik tertentu," kata dia.
 
Selain itu, Sunarta juga meminta agar Ade memastikan penegakan hukum dengan cara humanis serta memperhatikan nilai-nilai keadilan agar kepercayaan masyarakat meningkat terhadap kejaksaan.
 
"Jabatan itu bisa menjadi berkah yang membawa kebahagiaan atau menjadi hukuman yang membawa keburukan bagi siapa yang mengembannya," kata dia.
 
Adapun pejabat sebelumnya, Asep N. Mulyana menjadi Kepala Kejati Jawa Barat sejak 2021 hingga 2023. Di akhir Februari 2023, Asep dilantik oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menjadi Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (PP).

Baca juga: Kejati Jabar catat 2.439 perkara narkotika ditangani di 2022

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023