Palang Merang Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan sebanyak 550 paket alat dapur dan rumah tangga bagi warga korban gempa di dua desa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat yang dikirimkan melalui ke PMI Cianjur.

Pengurus PMI Cianjur Bidang Kebencanaan, Ujang Muhamad di Cianjur Senin, mengatakan penyaluran alat dapur dan rumah tangga tersebut merupakan bantuan dari Yayasan Care Peduli Indonesia untuk warga korban gempa Cianjur bekerja sama dengan PMI.

Baca juga: PMI Cianjur bangun 650 hunian darurat selama 2 bulan terakhir

"Untuk penyaluran sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir, bagi warga korban gempa di Desa Sarampad dan Gasol, Kecamatan Cugenang. Sedangkan untuk bulan ini akan dilaksanakan beberapa program lainnya dari Yayasan Care Peduli Indonesia," katanya.

Ujang menjelaskan, alat dapur dan rumah tangga yang diberikan untuk penyintas gempa Cianjur, dinilai sangat membantu terutama ibu rumah tangga yang kehilangan peralatan dapur karena rumah mereka ambruk nyaris rata dengan tanah saat gempa terjadi.

"Sampai saat ini berbagai bantuan untuk warga penyintas gempa terus berdatangan melalui PMI, sehingga kami akan terus mendistribusikan bantuan tersebut baik dari PMI kabupaten/kota se Indonesia atau dari NGO dalam dan luar negeri, sesuai permintaan donatur," katanya.
Warga korban gempa penerima bantuan di Desa Sarampad dan Gasol merasa senang mendapat alat dapur seperti piring, gelas, penggorengan, panci dan sejumlah alat lainnya yang sebelumnya mereka miliki namun rusak tertimpa bangunan yang ambruk.

"Sangat terbantu dengan alat dapur yang diberikan yayasan Care Peduli Indonesia melalui PMI Cianjur, kami langsung gunakan karena alat dapur yang kami miliki sebagian besar rusak tertimpa bangunan rumah yang ambruk," kata ibu rumah tangga warga Desa Gasol Mayang (25).

Baca juga: PMI Grobogan tuntaskan bangun 80 huntara di Cianjur
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023