Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai menguji coba Jalan Layang Kopo untuk dilalui kendaraan sebelum diresmikan penggunaannya untuk masyarakat umum.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan uji coba itu juga dilakukan untuk memastikan keselamatan masyarakat dan mengevaluasi kelengkapan rambu-rambunya untuk keamanan perjalanan..

"Seminggu uji coba, nanti kita tanya lagi rambu-rambu dan kelengkapannya," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Produksi panen padi di Kota Bandung meningkat berkat IP400

Meski sudah diujicoba, namun Yana belum bisa memastikan kapan jalan layang itu akan diresmikan dan bisa digunakan untuk umum.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah menargetkan jalan layang tersebut bisa digunakan pada bulan Ramadhan, atau April 2022.

Sementara itu, Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan uji coba itu dilakukan untuk kendaraan kedua arah.
Menurut Asep, uji coba itu dilakukan guna mengecek keamanan jalan untuk dilintasi beragam jenis kendaraan. Terutama, kata dia, pengecekan dilakukan dengan melihat kondisi kendaraan ketika berjalan menurun dari jalan layang.

Baca juga: Tokoh berharap pemilihan Ketua KONI Kabupaten Bandung Barat tak diwarnai nepotisme

"Uji coba dalam rangka satu apakah friksi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua bilamana ada turunan ada kendala nggak," kata Asep.

Sejauh ini, menurutnya kondisi pembangunan jalan layang tersebut sudah mencapai 90 persen. Sisanya, kata dia, yakni tinggal melengkapi penerangan jalan dan sejumlah rambu-rambu yang diperlukan.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022