Bandung, 2/5 (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Dede Yusuf menyatakan pendidikan harus dapat menjadi ujung tombak bagi pembangunan karakter bangsa diusia muda.

"Karena itu pada 2011 dan 2012 bagaimana pendidikan itu bisa jadi ujung tombak bagi pembangunan karakter diusia muda," kata Dede Yusuf, usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2011, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia mengatakan jika karakter bangsa sudah terbangun sejak usia dini maka faham radikalisme atau konsep pemikiran yang salah seperti Negara Islam Indonesia (NII) bisa dicegah.

"Kalau pembangunan karakter sudah dimulai sejak usia muda maka tidak akan terjadi lagi radikalisme atau konsep pemikiran salah termasuk NII," ujar Dede Yusuf.

Pembangunan karakter bangsa sangat relevan untuk diterapkan pada generasi muda sedini mungkin, karena saat ini pemerintah sedang melakukan pembahasan Undang Undang (UU) Karakter Bangsa.

Pada saat pembahasan UU tersebut maka sudah ditetapkan pendidikan karakter ini harus dimulai dari level bawah, artinya mulai dari pendidikan usia dini, sekolah dasar dan seterusnya," katanya.

Pihaknya juga merasa miris dengan keadaan saat ini karena pemahaman mengenai karakter bangsa semakin terkikis seiring perkembangan zaman dan era demokrasi," katanya.***4***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011