Polres Cianjur, Jawa Barat, meningkatkan penerapan protokol kesehatan terhadap seluruh anggotanya termasuk jajaran polsek setelah enam anggota Polsek Pagelaran dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat dan usap antingen.

"Enam orang anggota yang terpapar diduga dari tenaga kesehatan Puskesmas Pagelaran yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19," kata Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai saat dihubungi, Cianjur, Jumat.

Ia menjelaskan, terpapar-nya enam orang anggota polsek itu, karena sempat melakukan kegiatan bersama nakes dari klaster puskesmas yang masih sempat beraktivitas seperti biasa dan berbaur, sambil menunggu hasil tes usap dan cepat atau RT PCR.

Meski seharusnya ungkap Rifai, usai menjalani tes sambil menunggu hasil belasan orang nakes menjalani isolasi mandiri, tidak melakukan kegiatan dulu."Ketika didapati ada anggota yang terpapar, kami langsung perintahkan isolasi dan kegiatan polsek tetap berjalan," katanya.

Namun, seluruh anggota diimbau untuk lebih meningkatkan penerapan prokes dan menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus berbahaya. Untuk penelusuran, tambah dia, sudah dilakukan dengan melakukan tes cepat dan usap serta menggencarkan vaksinasi bagi anggota yang belum mendapatkan.

"Pelayanan di Polsek Pagelaran tetap berjalan, namun kami imbau seluruh polsek yang ada lebih meningkatkan penerapan prokes bagi anggotanya terutama saat melakukan aktivitas di luar kantor dan pelayanan di dalam kantor," ujarnya.

Hingga saat ini, tutur dia, pihaknya masih mendata selama pandemik COVID-19 berapa banyak anggota yang terpapar, namun untuk antisipasi terjadinya kasus yang sama menimpa anggotanya, polres mengencarkan vaksinasi dan melakukan penyemprotan disinfektan di masing-masing mapolsek.

Sebelumnya 13 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Pagelaran terpapar COVID-19 setelah dilakukan RT PCR, akibatnya pelayanan di puskesmas dihentikan. Belasan nakes yang terpapar dilakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan gugus tugas setempat dan satgas kabupaten.

Baca juga: Pengelola hotel dan restoran di Cianjur lakukan vaksinasi serentak untuk karyawan

Baca juga: Pemkab Cianjur tambah tempat tidur untuk isolasi pasien COVID

Baca juga: PMI Cianjur beri layanan penyemprotan disinfektan lingkungan pendidikan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021