Polres Cianjur, Jawa Barat, masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menimpa tiga rumah warga di Kampung Panyairan, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur dan mengakibatkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolsek Sukaresmi AKP Munawir saat dihubungi, Senin, mengatakan dugaan sementara api berasal dari tungku kayu yang lupa dimatikan pemilik rumah usai memasak (Minggu 28/6). Sehingga api dengan cepat menjalar ke dua bangunan semi permanen yang letaknya bersebelahan.

"Api pertama kali terlihat di dapur rumah milik Ridwan, dimana ketika itu, adik iparnya Suryani sedang memasak dan meninggalkan tungku kayu yang sedang menyala untuk pergi ke warung, saat pulang api sudah menyala besar membakar dinding dapur dari bambu anyam," katanya.

Mendapati hal tersebut, Suryani langsung berteriak minta tolong dan didengar warga sekitar yang langsung berhamburan ke lokasi kejadian. Warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun jarak sumber air yang jauh ditambah angin yang bertiup kencang menjelang malam membuat api cepat menjalar.

Api dengan cepat menjalar ke dua rumah lain yang letaknya bersebelahan milik Idan dan Herman yang juga rumah semi permanen dengan dinding bambu anyam. Hingga beberapa jam berupaya memadamkan api upaya warga membuahkan hasil meskipun ketiga bangunan nyaris rata dengan tanah.

"Dugaan semnetara akibat tungku kayu yang masih menyala ditinggal ke warung di rumah milik Ridwan. Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah," katanya.

Pihaknya berkoordinasi dengan pihak desa dan kecamatan agar pemilik rumah mendapat bantuan dari Pemkab Cianjur, melalui dinas terkait karena sebagian besar pemilik rumah merupakan warga kurang mampu untuk membangun kembali rumahnya.

"Harapan kami pemilik mendapat bantuan untuk membangun kembali rumahnya yang terbakar, saat ini tiga kepala keluarga terpaksa menumpang di rumah warga sekitar, sambil menunggu bantuan," kata Munawir.

Baca juga: Seratusan santri mengungsi akibat ponpes di Cianjur terbakar

Baca juga: Empat langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan

Baca juga: Diduga arus pendek listrik, rumah warga Sukawargi Cianjur terbakar

Baca juga: Pabrik boneka di Cianjur terbakar

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020