Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengerahkan satu unit mobil keliling MCAP (Mobile Community Access Point) untuk membantu Gugus Tugas Penanganan COVID-19 menyosialisasikan pencegahan dan bahaya wabah COVID-19. 

"Setiap hari kami keliling perkotaan dan perbatasan menyapa masyarakat dengan disisipi pesan agar masyarakat turut membantu, khususnya penanganan COVID-19," kata Kepala Diskominfo Garut, Muksin di Garut, Rabu.

Ia menuturkan sejak munculnya wabah COVID-19 di berbagai negara termasuk Indonesia dan di dalamnya daerah Garut, wabah virus tersebut yang bisa menular kepada siapa saja.

Pemkab Garut, kata dia, salah satunya melalui Diskominfo Garut telah melakukan berbagai upaya dalam pencegahan wabah tersebut dengan melakukan penyadaran kepada masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19.

Baca juga: Pemkab Garut siapkan bantuan bagi warga yang ditinggal merantau selama darurat corona

"Meski infrastruktur kami terbatas, kami manfaatkan sarana dan media yang ada," kata Muksin didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Garut, Ricky Rizky Darajat.

Muksin menyampaikan Diskominfo Garut juga melakukan sosialisasi dengan melibatkan pers media cetak maupun elektronik yang selama ini terus menyampaikan informasi kepada publik.

Bahkan Diskominfo Garut, kata Muksin, membantu meringankan tugas media massa dengan menerbitkan siaran pers terkait perkembangan dan penanganan wabah virus corona di Garut.

Baca juga: Bupati Garut siapkan ruang isolasi bagi keluarga terduga COVID-19

Bahkan, lanjut dia, Diskominfo Garut juga memanfaatkan media lain untuk mensosialisasikan wabah corona yakni media seperti banner, spanduk, dan baliho di titik-titik strategis kawasan Garut.

"Kami juga memanfaatkan media internal kami, seperti website garutkab.go.id, media sosial Instagram, Youtube, dan lainnya," kata Muksin.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat menambahkan, Diskominfo Garut juga memiliki Garut Command Center sebagai markas Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Garut di komplek Pendopo Garut.

Comand Center itu, kata Ricky, kendalinya langsung oleh bupati yang berfungsi sebagai pusat data dan Call Center (0262) - 2802800 dan 119 sekaligus memantau langsung kegiatan di sejumlah daerah di Garut.

"Setiap hari kami memantau, tidak hanya perkembangan penanganan COVID-19, bahkan lalu lintas kendaraan pun kami pantau, apalagi Bapak Bupati setiap saat mengecek di sini," kata Ricky.

Baca juga: Bupati Garut minta warga dari luar kota harus diperiksa kesehatannya

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020