DPRD Cianjur, Jawa Barat, mengalihkan anggaran kunjungan kerja dan perjalanan dinas anggota dewan untuk membeli alat pelindung diri (APD) yang akan dipakai tenaga medis dalam penanganan COVID-19.

"Pengalihan dana tersebut sudah disepakati seluruh anggota dewan dan fraksi yang ada di DPRD Cianjur. Keberadaan APD sangat dibutuhkan dalam penanganan KLB corona yang merebak di berbagai daerah," kata Wakil Ketua DPRD Cianjur, Deden Nasihin pada wartawan, Senin.

Baca juga: Pemkab Cianjur berlakukan karantina lokal antisipasi penyebaran COVID-19

Ia menjelaskan, dalam kondisi saat ini APD yang digunakan tim medis harus tersedia, meskipun Cianjur belum ada pasien yang dinyatakan positif, keberadaan APD tetap harus ada dengan kondisi bersih dan steril.

Sehingga pihaknya sempat mengadakan rapat membahas pembelian APD dari biaya kunjungan kerja dan perjalan dinas anggota dewan, dapat dialihkan untuk memenuhi APD bagi tim medis dalam menjalankan tugasnya menangani COVID-19.

Baca juga: Dinkes Cianjur tunggu hasil uji lab PDP meninggal dunia

"Informasi yang kami dapatkan, APD yang dimiliki tim medis di sejumlah rumah sakit masih kurang, sehingga perlu penambahan yang biayanya masih dalam pembahasan untuk berapa banyak yang bisa dibeli dari anggaran tersebut," katanya.

Meskipun saat ini status Cianjur masih hijau, pihaknya berharap pemkab segera mendirikan rumah sakit khusus penanganan COVID-19, sebagai upaya antisipasi cepat penanganan tanpa harus menunggu di rujuk ke rumah sakit di luar Cianjur.

Baca juga: Pertamina bersama Damkar Cianjur sterilisasi SPBU dengan disinfektan

Sementara kekurangan APD untuk tim medis tersebut dibenarkan Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, terlebih untuk petugas di RSUD Pagelaran yang saat ini banyak menangani ODP yang baru datang dari luar kota.

"Lonjakan ODP terjadi di wilayah selatan Cianjur, sehingga tim medis di RSUD Pegaleran sebagai rumah sakit penanganan awal sangat membutuhkan APD yang kini jumlah  stoknya masih minim," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya tengah mengupayakan penambahan APD menggunakan anggaran tidak terduga. "Ditakutkan ada kanaikan status dari ODP ke PDP, sehingga APD untuk tim medis dibutuhkan dalam jumlah banyak," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur pastikan ketersediaan bahan pokok hingga Lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020