Forkopimda Cianjur, Jawa Barat, menurunkan dua mobil water canon milik Polres Cianjur untuk menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah jalur protokol di wilayah tersebut sebagai upaya pencegahan COVID-19.

"Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di jalur yang menjadi pusat aktivitas warga termasuk kendaraan umum," kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman didampingi Forkopimda Cianjur di Cianjur, Senin.

Baca juga: Ratusan dus masker di RSUD Pagelaran Cianjur hilang diduga dicuri

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan langkah nyata Pemerintah Kabupaten Cianjur bersama unsur Forkopimda seperti Polres dan Kodim 0608 Cianjur, guna mencegah penyebaran virus corona di wilayah tersebut.

Tidak hanya di wilayah perkotaan ungkap dia, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama di sepanjang jalur Cianjur hingga Puncak disemprot disinfektan guna mencegah masuknya virus yang dibawa pengunjung atau pengendara dari Bogor dan Jakarta.

"Cairan disinfektan akan disemprotkan juga akan dilakukan disepanjang jalan utama Cianjur hingga Puncak karena jalur tersebut merupakan perlintasan dari kota besar seperti Jakarta," katanya.

Baca juga: RSUD Cianjur tambah satu ruang isolasi penanganan COVID-19

Ia mengimbau seluruh warga Cianjur, tetap tenang dan tidak panik serta selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari sebagai macam penyakit menular termasuk COVOD-19.

"Kami dari Forkopimda akan berupaya seoptimal mungkin mencegah masuknya COVID-19 ke Cianjur. Harapan kami tidak ada lagi kasus warga yang terpapar virus tersebut," katanya.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, mengatakan penyemprotan di wilayah utara termasuk fasilitas umum yang ada di sejumlah tempat wisata guna menghindari COVID-19 yang dibawa wisatawan.

Baca juga: Sejumlah rumah disemprot disinfektan oleh Satgas TMMD Kodim Cianjur

"Termasuk fasilitas umum dan sosial akan kita semprot dengan cairan disinfektan, agar semua virus yang ada mati. Harapan kami Cianjur terbebas dari penyakit menular dan virus berbahaya," katanya.

Sementara selama dua unit water canon menyemprotkan cairan di sepanjang jalan protokol, menjadi tontonan warga yang merasa penasaran dengan kegiatan tersebut, bahkan warga yang seharusnya berada di rumah melakukan swafoto dengan latar mobil water canon.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, jadwal besuk ditiadakan di RSUD Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020