Pengelola pusat perbelanjaan di Cianjur, Jawa Barat, mengecek suhu tubuh setiap pengunjung guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 seperti yang terlihat di Citimall Cianjur.

Pengunjung dengan suhu tubuh tinggi diarahkan untuk memeriksakan kesehatan ke pusat layanan kesehatan.

"Pemeriksaan suhu tubuh sudah dilakukan sejak satu hari sebelumnya, setiap pengujung yang hendak masuk mal menjalani pemeriksaan dia pintu masuk," kata Manajer Citimall Cianjur-Sukabumi, Irwansyah di Cianjur, Minggu.



Ia menjelaskan pengecekan dilakukan serentak di seluruh cabang Citimall yang ada di sejumlah daerah. Ketika mendapati pengunjung yang suhu tubuhnya di atas normal atau melebihi 37 derajat, disarankan pulang dan memeriksakan kesehatan.

Meskipun pengunjung tersebut belum bisa dipastikan terpapar COVID-19 atau bukan, ungkap dia, namun hal itu untuk menjaga masyarakat tetap aman dan nyaman selama berbelanja di mal.

"Ini sebagai upaya pencegahan sesuai dengan imbauan pemerintah, setidaknya kami dapat membantu pengunjung yang datang terkait kesehatan dirinya, meskipun yang menentukan tim medis setelah melakukan cek kesehatan," katanya.

Pemeriksaan kesehatan pengunjung tersebut, tutur dia, akan terus dilakukan hingga WHO mencabut status pandemi COVID-19. 'Kita akan terus meningkatkan pemeriksaan terhadap pengunjung sampai status terhadap COVID-19 aman dikeluarkan," katanya.

Sementara beberapa pengunjung yang hendak berbelanja ke Citimall, mengatakan tidak terganggu dengan upaya yang dilakukan pihak pengelola karena cukup membantu warga agar tidak resah dan dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

"Kami mendukung upaya pihak mal untuk mengantisipasi merebaknya virus corona. terlebih ini dapat menjadi contoh untuk pusat perbelanjaan lain, termasuk menyediakan cairan pembersih tangan dan masker," kata Winy warga Kelurahan Solokpandan, Cianjur.

Baca juga: Pemkab Cianjur keluarkan surat edaran penghentian kegiatan massal dan ASN ke luar kota

Baca juga: Apotek Kimia Farma batasi pembelian masker 2 buah per orang


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020