KKP Usung 25 Tahun Transformasi Kelautan dan Perikanan di AJSB 2024

KKP Usung 25 Tahun Transformasi Kelautan dan Perikanan di AJSB 2024

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto saat menjawab pertanyaan wartawan dalam momen konferensi pers di Palembang, Sumatera Selatan belum lama ini.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggelar kompetisi Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari (AJSB) yang ditujukan bagi kalangan jurnalis di seluruh Indonesia.

KKP mengangkat tema 25 Tahun Transformasi Kelautan dan Perikanan untuk menandai perjalanan seperempat abad kementerian ini mengelola sektor kelautan dan perikanan nasional.

Pelaksanaan AJSB tahun ini sekaligus menjadi rangkaian pelaksanaan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2024 dan menyambut HUT Ke-25 kementerian ini.

"Tahun ini temanya spesial karena menandai perjalanan 25 tahun KKP. Kompetisi ini terbuka untuk semua kalangan jurnalis di seluruh Indonesia," ungkap Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Doni menerangkan, sejak tahun 2021 lalu KKP di bawah kepemimpinan Menteri Sakti Wahyu Trenggono melakukan berbagai terobosan melalui program kerja berbasis ekonomi biru.
Terobosan tersebut mencakup bidang perikanan tangkap dan budidaya, pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, transformasi di bidang pengelolaan kelautan dan ruang laut, transformasi pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan, transformasi penguatan daya saing kelautan dan perikanan, serta transformasi pada bidang pengendalian dan pengawasan mutu hasil kelautan dan perikanan.

Hasil transformasi diantaranya dibuktikan dengan melonjaknya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) kelautan dan perikanan melebihi Rp1 triliun dan menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Lalu lahirnya berbagai kebijakan terobosan seperti penangkapan ikan terukur berbasis kuota, transformasi pengelolaan hasil sedimentasi di laut, hingga pembangunan modeling budidaya perikanan modern di sejumlah lokasi.

Untuk menambah semarak AJSB tahun ini pihaknya menambah karya jurnalistik radio ke dalam list lomba, melengkapi kategori sebelumnya yakni lomba karya jurnalistik cetak, online, liputan televisi, dan foto jurnalistik.

"AJSB adalah bentuk apresiasi, karena keberhasilan transformasi yang kami lakukan tak lepas dari peran teman-teman jurnalis dalam mengawal program yang kami jalankan. Dan karya-karya yang masuk nantinya akan dinilai oleh para dewan juri dari pihak internal dan eksternal yang berasal dari kalangan jurnalis profesional dan berpengalaman," beber Doni yang juga terlibat menjadi juri internal.

Para dewan juri diantaranya Lukita Grahadyarini (Kompas), Ardhi Suryadhi (Detikcom), Sanusi (Tribunnews), Elba Damhuri (Republika), Arif Zulkifli (Majalah Tempo), Shanta Curanggana (CNBC Indonesia), Tysa Novenny (TVOne), Prasetyo Utomo (LKBN Antara), Yuniadhi Agung (Kompas), hingga Danang Arradian (Sindonews/Youtuber).

Lomba Sosmed dan Dokumenter Internal

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto saat menjawab pertanyaan wartawan dalam momen konferensi pers di Palembang, Sumatera Selatan belum lama ini.

Seperti gelaran sebelumnya, AJSB 2024 juga menyertakan lomba konten media sosial (Instagram, Tiktok, Youtube Shorts) yang diperuntukan bagi masyarakat umum, serta lomba video dokumenter untuk internal KKP.

Untuk lomba kategori media sosial mengangkat tema Gemarikan, penanganan dan pengolahan ikan yang baik dan benar, serta penerapan cara budidaya ikan dan penangkapan ikan yang baik (CPIB dan CBIB).

"Semua karya dari setiap kategori kami terima paling lambat tanggal 23 Agustus 2024. Ayo teman-teman di seluruh Indonesia, semoga karya kalian jadi pemenangnya," pungkas Doni.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan AJSB 2024, dapat mengakses website kkp.go.id dan dapat mendaftarkan diri melalui formulir pada tautan https://bit.ly/formulirajsb2024
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024