Kepolisian Resor Garut meningkatkan patroli keamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat agar tenang melaksanakan ibadah di Bulan Suci Ramadhan di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kita antisipasi rawan kriminalitas dengan meningkatkan pengamanan di Bulan Ramadhan ini," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, patroli menjaga keamanan merupakan bagian dari kegiatan rutin dalam Operasi Ketupat Lebaran yang mengantisipasi berbagai tindak kejahatan, termasuk pengamanan arus lalu lintas.

Selama ini, lanjut dia, gangguan keamanan atau potensi kejahatan di Garut tidak terlalu tinggi, semua dapat diatasi dan diantisipasi dengan baik oleh jajaran Polres Garut maupun Kepolisian Sektor setempat.

"Kejahatan tidak signifikan menonjol," katanya.

Namun, Kapolres mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada terhadap tindakan kejahatan seperti pencurian yang sewaktu-waktu bisa terjadi menimpa masyarakat yang sedang lengah.

Menurut dia, potensi kejahatan pencurian biasa terjadi pada waktu tarawih atau waktu dini hari, untuk itu masyarakat harus waspada dan segera melaporkan kepada polisi apabila terjadi tindak kejahatan.

"Banyak situasi waktu-waktu lengah, seperti tarawih, dan waktu subuh selalu diintai pelaku pembuat pidana, harus waspada," ucapnya.

Ia berharap, masyarakat juga ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban umum, selain itu aktif melaporkan kepada polisi apabila menemukan tindakan atau perbuatan yang meresahkan masyarakat.

Ia mencontohkan, seperti praktik pungutan liar untuk parkir kendaraan di jalanan seringkali mengganggu masyarakat dan ketertiban lalu lintas, untuk itu menjadi perhatian kepolisian untuk ditindak tegas.

"Jika ada warga yang menjadi korban pemerasan seperti adanya parkir ilegal, silakan lapor kepada kami, akan kami tindak cepat," ujarnya.

Baca juga: Polisi tangkap komplotan pungli di Pantai Santolo

Baca juga: Polres Garut telusuri kelangkaan bawang putih

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019