Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Abdullah Dahlan mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh massa relawan Prabowo-Sandi yang menuntut Bawaslu adil dan mengusut tuntas dugaan pelanggaran selama proses pemilihan umum 2019 dilaksanakan di Jawa Barat dan akan menindaklanjuti informasi yang diterima.

"Kami juga merespon positif harapan publik dengan saluran aspirasi," kata Abdullah di Bandung, Senin.

Menurutnya saat ini Bawaslu telah menjalankan fungsi pengawasan pelaksanaan pemilu sebagaimana mestinya. Selain penindakan, ia mengaku pihaknya telah melakukan fungsi pencegahan bagi berbagai pelanggaran.

"Pengawasan sudah dilakukan pada hari 'H' , kami sudah jelaskan kinerja Bawaslu di pungut hitung rekapitulasi termasuk juga melakukan penindakan," kata dia.

Terkait dengan dugaan politik uang yang terjadi saat atau sebelum pelaksanaan Pemilu, Abdulah mengaku Bawaslu telah mencatat beberapa pelanggaran dan kasus-kasus itu sedang ditangani.

"Kami sudah tangani juga .Ada yang terjadi saat minggu tenang, ada juga pada hari 'H'," ujarnya.

Dengan demikian ia mengimbau kepada masyarakat jika menemukan pelanggaran terkait pemilu agar segera laporkan kepada Bawaslu. Jika ada bukti dan data pelanggaran, ia harap masyarakat melaporkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.



Baca juga: Relawan Prabowo-Sandi desak Bawaslu usut kecurangan di Jabar

Baca juga: Bawaslu Jabar pastikan PSU di Depok lancar

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019