Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI Prof Dr Rina Indiastuti, SE MSIE ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas Rektor Universitas Padjadjaran. 

Serah Terima Jabatan Pelaksana Tugas Rektor Unpad dilakukan di Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (16/4).
 
Prof Rina dalam siaran pers Humas Unpad, Rabu, mengatakan bahwa ia ditunjuk oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai Pelaksana Tugas Rektor Unpad untuk menjamin kelancaran terselenggaranya kegiatan tridarma perguruan tinggi di Unpad.
 
“Dalam statuta perguruan tinggi dikatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan pendidikan, khususnya tridarma perguruan tinggi itu harus ada pemimpin perguruan tinggi. Begitu Prof. Tri Hanggono Achmad habis masa tugasnya, Pak Menteri memerintahkan, memberikan tugas kepada saya untuk bukan memimpin, tetapi menjamin terselenggaranya kegiatan di Universitas Padjadjaran tetap berlangsung dengan baik,” ujar Prof Rina.
 
Prof Rina berharap, prestasi dan reputasi Unpad saat ini, yang dalam tataran nasional sudah tercatat sangat baik, dapat terus terjaga. 

Ia pun berharap keluarga besar Unpad dapat terus solid dalam peningkatan reputasi dan kinerja Unpad.
 
Dia mengapresiasi berbagai capaian Unpad di bawah kepemimpinan Rektor ke-11 Prof. Tri Hanggono Achmad. Hal tersebut dapat menjadi teladan bagi keluarga besar Unpad.
 
“Terima kasih atas prestasi dan warisan yang ditinggalkan kepada kita,” tutur Prof. Rina.
 
Mengenai mutu pembelajaran dan kemahasiswaan Unpad, Prof. Rina mengharapkan hal tersebut dapat terus ditingkatkan.
 
“Bagaimana pun mereka (mahasiswa) adalah calon SDM bangsa kita. Kita harus bekal dengan lebih baik lagi dibandingkan perguruan tinggi lainnya,” ujar Prof. Rina.
 
Sementara itu, Rektor Unpad periode 2015-2019 Prof Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa berbagai tantangan telah dilalui dengan hasil yang luar biasa karena adanya kebersamaan. 

Prof Tri pun mengajak untuk terus membangun sinergi tersebut agar dapat terus berkontribusi pada masyarakat.
 
“Saya yakin dengan kebersamaan dan potensi ini apapun tantangan yang ada di depan Insya Allah bisa kita lalui dengan baik,” kata Prof Tri.
 
Prof Tri pun berpesan untuk terus memegang teguh nilai akademik yang sudah tertuang dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. 

Dengan kekuatan akademik inilah Unpad dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Senada dengan Prof Rina, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Prof Dr Ida Nurlinda, M Hmengatakan, MWA juga mengapresiasi capaian luar biasa yang telah dilakukan Prof Tri dan jajarannya. Kerja keras pun diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai.
 
“Kami dari MWA berterima kasih, dan mudah-mudahan kita bisa memelihara capaian-capaian tersebut, paling tidak itu bisa kita jaga dan tentu dengan harapan itu bisa kita tingkatkan,” tutur Prof Ida.



Baca juga: Rektor Unpad berharap lulusan universitas bangun bisnis di daerah


Baca juga: Unpad sampaikan belasungkawa musibah jatuhnya Lion Air



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019