Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat mengerahkan sekitar 1,2 juta petugas yang terdiri dari KPU, panwaslu dan petugas perlindungan masyarakat (linmas) terkait pelaksanaan Pemilu 2019 yang digelar besok.

"Kurang lebih hampir 1,2 juta personel kami di TPS dan itu sudah dipastikan semuanya siap," kata Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) dengan tema "Kesiapan Pemilu 2019", di Gedung Sate Bandung, Selasa.

Dia mengatakan hingga saat ini KPU Jawa Barat juga bisa memastikan untuk ketersediaan logistik Pemilu 2019 seperti surat suara untuk lima jenis pemilihan sudah diterima di tingkat kota kabupaten.

"Dan itu sudah bergeser di tingkat kecamatan dan hari ini Insya Allah akan bergeser di TPS. Jadi sudah bisa kita pastikan keberadaan surat suara sekarang sudah berada di kecamatan," kata dia.

Sementara itu, lanjut Rifqi, terkait DPT yang sudah diperbaiki sampai dengan tiga kali sudah bisa dipastikan bahwa DPT di Provinsi Jawa Barat terbanyak di Jawa Barat.

"(Jabar) kita merupakan DPT yang paling banyak seluruh provinsi yang ada di Indonesia yaitu sekitar 33,2 juta jumlah pemilih yang tersebar di 138.000 TPS," kata dia.

Menurut dia, jumlah TPS pada Pemilu 2019 di Jawa Barat jauh lebih banyak dibandingkan TPS saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

"Karena jumlah pemilih maksimal di tiap TPS sekitar 300 pemilih dan untuk di Jawa Barat jumlah pemilih di masing-masing TPS itu rata-rata berkisar 250 pemilih," kata dia.



Baca juga: 210 TPS di Kabupaten Bandung terendam banjir


Baca juga: KPU Jabar gelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2019


Baca juga: Sasar pemilih milenial, KPU Jabar gelar festival musik
 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019