Bandung (Antaranews Jabar) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa berharap guru harus melek teknologi karena tantangan para guru ke depan semakin berat dengan munculnya revolusi industri 4.0.

"Era dimana perubahan industri manufaktur terintegrasi dengan sistem online. Maka diperlukan guru professional, mampu mengikuti perkembangan zaman khususnya digitalisasi industri dan e-commerce," katanya seusai menghadiri acara "Pengundian Hadiah Bjb Cinta Guru" di Bandung, Jumat.

Ia menambahkan pendidikan merupakan investasi masa depan, baik untuk individu, masyarakat, maupun negara sebagai kunci sukses pertumbuhan pembangunan.

"Maka peran guru penting dalam menciptakan sumber daya yang berkualitas," ujarnya.

Untuk itu, ia mengapresiasi Bank BJB dalam memberikan penghargaan atas dedikasi, komitmen dan ikhtiar dilakukan para guru di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Ia menuturkan guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

Namun sebagai catatan, Iwa menuturkan penyumbang pengangguran terbesar adalah lulusan SMK karena proses belajar mengajar dalam teori maupun praktek tidak sesuai dengan laporan kerja di lapangan.

Hal ini merupakan masalah di Jawa Barat yang harus diperbaiki bersama.

"Sehingga langkah kedepannya Dinas Pendidikan Jawa Barat akan bekerjasama antara SMK dengan Astra. Dan seluruh lulusannya diharapkan diserap Astra," ujarnya.

"Langkah-langkah strategis itulah yang kita terus kembangkan kedepan, sehingga tidak menjadi produsen pengangguran," katanya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Putra Wisnuaji mengemukakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua.

Sedangkan menurut UUD Nomor 23, pendidikan itu merupakan tugas pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Jadi kami berharap pemerintah pusat dan daerah bersama-sama menyelesaikan PR-PR yang masih banyak. Terutama dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru," lanjutanya.

Senior Executive Vice President Komersial dan UMKM Bank BJB, Beny Riswandi menyebutkan guru mempunyai peran yang penting dalam dunia pendidikan.

Maka penghargaan ini sebagai bentuk kembali kasih pada para guru yang telah mendidik dan mengajarkan, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018