Garut (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kabupaten Garut dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menjalin kerja sama untuk mengembangkan koperasi bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) guna menanggulangi kemiskinan di Garut, Jawa Barat.

"Kami dari Baznas dan Dinas Koperasi dan UKM bersinergi mengembangkan koperasi bagi para UKM," kata Ketua Baznas Garut Rd Aas Kosasih dalam seminar Peningkatan Peranan Koperasi untuk Mengurangi Kesenjangan Kemiskinan di Garut, Senin.

Ia menuturkan, kerja sama Baznas dengan pemerintah daerah itu sudah siap dimulai, harapannya masyarakat yang memiliki usaha kecil dapat berkembang dan memberikan kesejahteraan bagi kehidupannya.

Baznas Garut, kata dia, akan memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha kecil tersebut agar usahanya dapat berkembang dan memberikan keuntungan.

"Kami memberikan bantuan kegiatan usaha mereka, kemudian mereka akan dibina dan diawasi oleh Dinas Koperasi dan UKM," katanya.

Ia menyampaikan, program bantuan usaha yang dicanangkan Baznas Garut sejalan dengan program pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan.

Selain memberikan bantuan modal, kata dia, pihaknya juga akan membantu pembentukan badan usahanya sebagai legalitas usaha untuk mempermudah dalam pengajuan proposal bantuan.

"Kelompok usaha yang sudah diberikan bantuan oleh Baznas harus berafiliasi dengan lembaga usaha berbadan hukum, seperti koperasi," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Eko Yulianto, menambahkan, lembaganya siap membantu mengembangkan para pelaku usaha kecil yang sudah berjalan maupun sedang mengawali usahanya.

Ia berharap, bantuan pembinaan usaha itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang akhirnya memberikan kesejahteraan hidup bagi masyarakat.

"Kami siap membina dan mengawasi program ini, harapannya dengan usaha yang dibentuk dan berkembang bisa meningkatkan perekonomian Garut," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018