Bandung (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung meminta pedagang di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jawa Barat, yang merupakan korban kebakaran pada Jumat (5/10 ) malam segera direlokasi.

"Secepatnya didata dan selanjutnya direlokasi sementara ke pasar bagian selatan yaitu pasar impres. Itu supaya pedagang bisa kembali berdagang," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Bandung, Sabtu.

Kebakaran yang melanda Pasar Sederhana, menghanguskan sekitar 390 jongko dan kios. Area yang terbakar berada di blok A1, A2 dan A3.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, asal api diduga berasal dari kompor salah satu kios milik pedagang. Karena didominasi material mudah terbakar, api dengan cepat merambat ke bangunan-bangunan sekitarnya.

Baca juga: Pasar Sederhana Kota Bandung terbakar

Ia meminta PD Pasar selaku pengelola untuk segera merelokasi para korban terdampak pada pekan ini. Terlebih Pasar Impres yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian siap menampung para pedagang.

"Secepatnya kita tata supaya mereka kembali beraktifitas dan tidak terganggu dengan musibah ini," katanya.

Oded mengimbau, pedagang lebih berhati-hati terhadap kios dan lapaknya. Pedagang juga harus bisa mengantisipasi sejak dini potensi musibah kebakaran.

"Saya sudah sering berbicara dengan PD. Pasar. Tetapi harus ada peran juga dari para pedagang untuk mengantisipasi hal seperti ini. Tidak hanya menyiapkan alat pemadam, namun yang terpenting adanya kedisiplinan dari para pedagang," kata dia. 

Baca juga: Kebakaran di Pasar Sederhana hanguskan 300 kios

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018