Garut (Antaranews Jabar) - Ribuan Muslim mengumpulkan uang dalam rangkaian shalat Idul Adha di Lapang Kerkof, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu, untuk disumbangkan kepada korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Seorang umat Islam yang ikut dalam shalat Idul Adha di tempat itu, Yanyan, di Garut, Rabu, mengatakan aksi penggalangan bantuan untuk korban gempa Lombok tersebut, sebagai tepat saat momentum shalat Id diikuti ribuan umat.

"Penggalangan dana ini untuk membantu korban gempa di Lombok," katanya.

Ia menuturkan ribuan Muslim memadati lapangan terbuka Kerkof Kabupaten Garut untuk menunaikan shalat Idul Adha.

Dalam acara itu, pihak panitia penyelenggara shalat Idul Adha mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama dengan mengumpulkan uang yang akan dikirim ke Lombok.

"Panitia mengajak seluruh jamaah shalat Idul Adha untuk menyisihkan sebagian hartanya demi meringankan warga Lombok," kata Yanyan.

Selain menyumbang dana, jamaah juga menggelar doa bersama untuk warga Lombok yang masih sering menghadapi gempa bumi susulan.

Rencananya uang hasil penggalangan di tempat shalat Idul Adha tersebut akan diserahkan langsung ke warga yang menjadi korban gempa.

"Panitia akan menyerahkan langsung bantuan bagi korban bencana tersebut ke warga korban gempa Lombok di NTB melalui lembaga penyalur bantuan resmi," katanya.

Shalat Idul Adha tersebut dengan imam pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqom Garut K.H. Ruhan Latief.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018