Cirebon (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, berencana untuk mengembangkan wisata sungai Kriyan yang merupakan salah satu tempat bersejarah tinggi.

"Wisata laut dan sejarah inilah yang bisa dijual kepada pengunjung di sungai Kriyan yang dahulunya merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Cirebon," kata Pejabat Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik di Cirebon, Selasa.

Pemerintah Kota Cirebon rencananya mulai tahun 2019 mulai membangun infrastruktur dan sarana penunjang untuk menjadikan sungai Kriyan sebagai destinasi wisata.

Dengan cara melalui Bappeda guna merumuskan adanya wisata laut di sungai Kriyan yang penuh sejarah itu. "Segera kami minta Bappeda untuk merumuskan wisata laut di sungai Kriyan," ujarnya.

Dedi mengatakan zaman dahulunya sungai Kriyan merupakan pintu masuk ke Kota Cirebon dari laut, kemudian perahu yang datang masuk Lawang Sanga (Syahbandar) sebelum masuk kawasan Keraton Pakungwati (Kasepuhan).

Dari sejarah yang panjang inilah kawasan sungai Kriyan bisa dijadikan salah satu destinasi unggulan yang bersejarah tinggi.

Adapun untuk saat ini, kata Dedi, Pemkot Cirebon dan Lanal Cirebon baru bisa menyalurkan bantuan berupa perahu karet untuk rekreasi warga sekitar, sebelum dikembangkan menjadi destinasi wisata.

"Sebagian lahan di sungai Kriyan milik BBWS Cimanuk-Cisangggarung, nanti kita kerja samakan saja," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018