Cianjur (Antaranews Jabar)- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, mendorong RSUD Cianjur untuk terus meningkatkan pelalayanan terutama stroke center karena ditargetkan menjadi rujukan rumah sakit di Propinsi Jabar.

Wakil Bupati CIanjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu, mengatakan, pelayanan yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu itu, sudah memiliki fasilitas yang cukup guna penanganan stroke ataupun pencegahan stroke.

"Targetnya menjadi rujukan rumah sakit se-Jabar, khusus penanganan penyakit stroke, sehingga berbagai peningkatan pelayanan harus terus ditingkatkan agar target tersebut terpenuhi dan memuaskan," katanya.

Dia menilai peningkatan pelayanan tersebut terbagi dalam beberapa hal, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana serta alat medis yang memadai agar mampu merealisasikan target yang sudah dibuat.

"Untuk saat ini dari segi SDM, RSUD sudah menyediakan dokter spesialis saraf, kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan gizi, bahkan perawatnya pun sudah bersitifikat keahlian perawatan stroke dan perawat home care," katanya.

Salah satu pelayanan yang diunggulkan tambah dia, seperti pelayanan hidroterapi yang diyakini menjadi cara utama untuk menunjang penyembuhan dan pencegahan penyakit stroke.

dr Risma Pasaribu spesialis rehabilitasi medik sekaligus kepala ruangan hidroterapi RSUD Cianjur, menjelaskan, ada tiga jenis pelayanan hidroterapi, hidropool, hubbard tank dan whirl pool.

"Masing-masing layanan memiliki fungsi yang saling berkaitan untuk proses penyembuhan. Hidropool kolam renang yang dapat diatur suhu, gelombang air dan semprotannya, dilengkapi dengan aquatic rehabilitation equipment," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018