Antarajabar.com - Kebun Binatang Bandung kini memiliki  pemandu wisata yang merupakan relawan yang bertugas mengenalkan hewan dan tumbuhan yang menjadi koleksi di tempat wisata tersebut kepada pengunjung.

"Kami memiliki 17 ZE ("zoo educator") yang berasal dari relawan yang diresmikan  25 Oktober," ujar Marcom Kebun Binatang Bandung Aan Sulhan di Bandung, Minggu.

Aan mengatakan, Kebun Binatang Bandung (KBB) sengaja merekrut relawan, khususnya dari para pecinta hewan, untuk mengenalkan kepada pengunjung terutama anak-anak, agar mengetahui asal-usul serta kehidupan satwa-satwa.

Sebelum diterjunkan, mereka mendapat pelatihan soal "public speakings" dan pengetahuan soal satwa dan tumbuhan di KBB selama tiga hari. Kebanyakan dari mereka, kata Aan, baru pertama kali mengikuti latihan semacam itu.

"Sebelum mereka bertugas menjadi relawan, kita training dulu selama tiga hari. Para ZE kami telah dilatih cara berbicara dan bersikap pada pengunjung untuk semua level usia," katanya.

Menurut Aan, kehadiran ZE menjadi daya tarik untuk pengunjung terutama bagi sekolah yang banyak mengirim grup siswa untuk belajar banyak tentang hewan dan tumbuhan.

Apalagi di akhir pekan, jumlah pengunjung ke Kebun Binatang Bandung melonjak tajam dibanding hari-hari biasa.

"Grup dari berbagai sekolah di Bandung dan Jawa Barat sangat sering berkunjung ke sini. Dan memang kami mengenjot pengunjung grup di luar  Minggu atau hari libur lainnya," kata dia.

Aan berharap, dengan hadirnya ZE, para pengunjung baik dari siswa maupun masyarakat lainnya, tidak hanya melihat-lihat hewan semata, namun memiliki pengetahuan lebih terutama hewan-hewan dilindungi dan terancam punah.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017