Antarajabar.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Haris Yuliana menyatakan DPRD Jabar mendukung upaya pemerintah dalam menangani masalah kekerasan dan konflik kemanusiaan yang menimpa kaum muslim Rohingya di Myanmar.

"Ya, kita mendukung seluruh upaya pemerintah dalam menangani masalah kaum muslimin di Rohingya," kata Haris di DPRD Provinsi Jabar, Kota Bandung, Selasa.

Ia menuturkan, Pemerintah Indonesia tentunya harus bertindak secara politik maupun kemanusiaan untuk menyelesaikan persoalan kaum muslim Rohingya.

"Baik upaya yang sifatnya politik maupun kemanusiaan," katanya.

Haris secara pribadi mengecam segala tindakan kekerasan terhadap umat Islam Rohingya di Myanmar yang tentunya harus segera dihentikan dan tidak berkelanjutan.

"Kita sangat prihatin dan mengecam keras terhadap seluruh tindakan kekerasan terhadap kaum muslimin," kata politisi PKS itu.

Ia menambahkan, kasus yang menimpa kaum muslim Rohingya itu bukan sekadar persoalan menyangkut agama, tetapi berkaitan dengan kemanusiaan.

"Sesungguhnya persoalan ini tidak sekadar menyangkut persoalan agama, tapi juga lebih mendasar persoalan kemanusiaan," katanya.

Sebelumnya, Forum Ulama Jabar menggelar aksi solidaritas di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (4/9) mengecam tindakan kekerasan terhadap kaum muslim Rohingya di Myanmar.

Aksi tersebut disambut baik oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar yang menyampaikan dukungan aksi solidaritas umat muslim Jabar terhadap muslim Rohingya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017