Antarajabar.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar berbagai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertema "Indonesia Kerja Bersama" dan Puncak dari rangkaian digelar dari Rabu (16/8) hingga Kamis (17/8).
        
Kepala Bagian Publikasi Ade Sukalsah Kamis, di Bandung, menjelaskan, untuk persiapan upacara bendera tingkat provinsi yang akan digelar di lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis (17/8/17) sudah dilakukan berbagai gladi dari sejak seminggu lalu.
        
"Kemarin Pak Gubernur hadir dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, DPD," katanya.
        
Ada yang khas dari Pemprov Jabar, kata Ade, yaitu penyerahan penghargaan pemerintah kepada masyarakat berprestasi yang digelar di Aula Barat Gedung Sate pada Rabu (16/7) sore.
        
"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apel Kehormatan dan Renungan Suci akan digelar tengah malam menjelang 17 Agustus dan menurut rencana Pangdam III/Siliwangi akan bertindak sebagai inspektur upacara," katanya.
        
Pada tanggal 17 Agustus, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Forkominda dijadwalkan menghadiri acara dalam puncak rangkaian peringatan kemerdekaan.
        
"Ini juga sekaligus informasi bagi masyarakat, jika tidak terlalu mendesak untuk menghindari area Gasibu dan Gedung Sate besok pagi karena lebih kurang seribu orang dijadwalkan mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.," kata dia.
        
Di tingkat Sekretariat Daerah Provinsi Jabar dimulai pukul 07.30 WIB dan selaku inspektur adalah Sekda Jabar, lanjut di Gasibu untuk tingkat Provinsi pada pukul 09.30 WIB dengan Gubernur sebagai inspektur upacara.
        
Sedangkan Wagub Jabar pada pukul 07.30 WIB di hari itu, menurut Ade, diagendakan menjadi inspektur pada Upacara Penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pemberian Remisi Umum Tahun 2017 kepada Narapidana yang telah memenuhi persyaratan.
       
"Dalam rangka penghargaan pada pihak-pihak yang berjasa, Gubernur mengagendakan ramah tamah bersama perintis kemerdekaan, veteran, Angkatan '45, Pepabri, Wredatama, Warakawuri, dan sesepuh di Aula Gedung Sate yang digelar pukul 11.00 WIB, usai upacara bendera di Gasibu," katanya.
        
Gelar Senja dan Upacara Penurunan Sang Merah Putih, kata Ade, akan digelar pukul 15.30 WIB dengan Gubernur sebagai inspektur upacara.
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017