Antarajabar.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerima hibah mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Jepang.
        
"Meskipun bekas tapi kondisinya bagus, dan layak digunakan," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Rabu.
        
Ia menuturkan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Garut bersama Kementerian Dalam Negeri datang ke Jepang terkait penerimaan hibah kendaraan tersebut.
        
Helmi menambahkan hibah tersebut terdiri atas empat unit kendaraan yakni  tiga unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil ambulans.
        
Mobil yang rencananya tiba di Garut dua sampai tiga pekan mendatang itu, lanjut dia, sebelumnya sudah diperiksa kondisi mesinnya oleh tim ahli.
        
"Di sana mobil itu diperiksa dulu termasuk cek mesin dan peralatannya, alhamdulillah kondisinya masih bagus, kilometernya juga masih rendah," katanya.
        
Ia menambahkan, mobil bekas dari Jepang tersebut sebelumnya hanya digunakan untuk latihan, sementara insiden kejadian seperti kebakaran jarang terjadi di Jepang.
        
Indonesia, khususnya Kabupaten Garut, kata dia, merupakan daerah pertama penerima hibah dari Jepang dan menjadi proyek percontohan bagi daerah lain.
        
"Kami yang pertama menerima hibah itu, bahkan cara seperti ini dijadikan proyek percontohan bagi daerah lain," katanya.

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017