Antarajabar.com - Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah menjajaki kerja sama dengan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA), untuk pendanaan pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung (BIUTR).
        
"Jadi penjajakan kerja sama itu dilakukan sebagai salah satu alternatif sumber pendanaan pembangunan BIUTR karena berdasarkan rencana sumber dana proyek tersebut berasal dari APBN atau dana pinjaman," kata Iwa Karniwa, di Gedung Sate Bandung, Kamis.
        
Menurut dia, rncana pembangunan Jalan Tol BIUTR sudah mengalami kemajuan yang cukup baik dan ada 14 instansi yang terdiri dari lembaga dan kementerian telah sepakat lahannya digunakan untuk proyek tersebut karena Jalur Pasteur-Cileunyi yang memiliki panjang sekitar 20,6 km akan melintasi lahan milik sejumlah lembaga dan kementerian.
         
Sejumlah lahan tersebut merupakan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agama, BPK RI, BPS, Polri dan lembaga pemerintah lainnya.
        
"Hasil pertemuan kemarin juga disepakati pembentukan tim kecil, untuk menindaklanjuti penggunaan lahan milik 14 lembaga dan kementerian tersebut. Mulai dari melakukan pengukuran hingga lokasi mana saja dari lahan-lahan itu yang terkena proyek BIUTR ini," ujar dia.
        
Selanjutnya, lanjut Iwa, pihaknya akan menghadap ke Kementerian PU Pera pada Senin (15/2) mendatang dan untuk lanjutan pembangunan interchange kilo meter 149 sepanjang 6,7 kilometer, Pemprov Jabar tahun ini menganggarkan Rp200 miliar.
        
Menurut dia, anggaran itu digunakan untuk membebaskan lahan sepanjang 2,7 kilometer dan untuk  4 kilometer sisanya akan dibebaskan dengan dana dari pemerintah pusat.
        
"Untuk yang empat kilometer dan 20 kilometer itu pendanaan dari pusat. Kami dari Pemprov Jabar mendukung fasilitasi membantu penyelesaian," ujarnya.
        
Berikut rincian daerah di Kota Bandung yang akan dilewati Jalan Tol Dalam Kota Bandung:
1. Trase I seksi satu, kawasan Jembatan Layang Pasupati menuju Underpass Gasibu dengan panjang 5,5 km.   
2. Trase I- seksi dua, Jalan Soekarno-Hatta menuju Gedebage dengan panjang 4 km.  
3. Trase II seksi pertama, Underpass Gasibu - Cicaheum - Ujung Berung 8,8 km.   
4. Trase II seksi kedua, Ujungberung - Soekarno Hatta 2,7 km
5. Trase II, seksi ketiga, Ujungberung - Cibiru - Cileunyi 6,3 km.



Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016