Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar dua kali debat calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2024, dimana pelaksanaan debat pertama digelar 25 Oktober 2024 dan 8 November 2024.

Komisioner KPU Cianjur Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Fikri Audah NSY di Cianjur, Selasa mengatakan debat calon digelar berdasarkan Keputusan KPU Cianjur Nomor 2202 Tahun 2024 dari hasil rapat pleno.

Baca juga: KPU Cianjur tetapkan jadwal kampanye akbar peserta pilkada 2024

“Sebelumnya KPU Cianjur akan mengadakan pertemuan dengan pasangan calon melalui nara hubung, dimana kami akan berkonsultasi menyangkut teknis acara dan tempat, serta berapa banyak yang akan diundang untuk diputuskan bersama," katanya.

Terkait lokasi debat, tutur dia sudah disiapkan beberapa titik namun untuk kepastiannya harus dikomunikasikan dengan para pasangan calon atau nara hubung sehingga dapat dilakukan berbagai pertimbangan mulai dari kapasitas dan keamanan menjadi perhatian khusus.

Sedangkan terkait tema debat kandidat pihaknya dibantu tim perumus yang berasal dari unsur profesional, akademisi dan tokoh masyarakat, termasuk tim panelis dari profesional, akademisi ataupun tokoh masyarakat.

"Sedangkan untuk moderator biasanya dari tokoh masyarakat atau profesional seperti news anchor yang sudah biasa membawakan tema debat, kami akan berkonsultasi secara intens dengan nara hubung untuk menjaga tidak ada keberpihakan pada pasangan calon tertentu,” katanya.
Bahkan sejumlah nama yang masuk dalam tim perumus dan panelis akan di dilacak terlebih dahulu terutama untuk moderator dan tim panelis oleh nara hubung, apakah ada keberpihakan dan seterusnya baru nama-nama tersebut ditetapkan.

Pelaksanaan debat kandidat pasangan calon rencananya disiarkan secara langsung melalui televisi regional, radio dan YouTube KPU Cianjur, dimana dua kali debat yang digelar untuk memberikan kesempatan pasangan calon memperdalam visi misinya.

"Harapan kami debat kandidat yang digelar dapat memberikan peran pendidikan politik yang cukup luas bagi masyarakat, sehingga masyarakat lebih mengenal pasangan calon terutama dalam visi misi dan program yang ditawarkan," katanya.

Baca juga: KPU Cianjur menerima logistik untuk Pilkada Cianjur 2024

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024