Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menerima sebanyak 28 kepala keluarga (KK) warga transmigran asal Provinsi Jawa Barat untuk ditempatkan di Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Mamuju Tengah.

Kepala Bidang Pembangunan, Permukiman, dan Penempatan Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar Darmawati Jusuf, di Mamuju, Jumat, mengatakan dari 28 KK warga transmigran asal Jawa Barat itu, sebanyak 10 KK warga transmigran tersebut akan ditempatkan di unit pemukiman transmigrasi (UPT) Tanjung Cina di Desa Bambakoro, Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu 

"Sbanyak 18 KK lainnya, ditempatkan di lokasi transmigrasi Saluandeang Desa Batu Parigi Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah," ujarnya.

Menurut dia, transmigrasi merupakan program berkelanjutan pemerintah untuk pemerataan penduduk, peningkatan pembangunan, dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Ia meminta kepada warga transmigran dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baik sesama warga transmigran atau masyarakat di sekitar lokasi permukiman transmigrasi. 

Ia juga berharap program transmigrasi tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebut sejak 2018 hingga tahun ini, telah terbangun sebanyak 100 unit rumah transmigrasi di UPT Tanjung Cina di Desa Bambakoro, Kecamatan Lariang Kabupaten Pasangkayu.

"Rumah transmigran tersebut telah di huni 100 KK dan telah menikmati fasilitas yang disediakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya.
 
Ia menambahkan, pemukiman transmigrasi tersebut telah dilengkapi pembangkit tenaga listrik surya (Portable) selain itu memiliki lahan pekarangan dan lahan usaha, serta  sarana dan, jembatan permanen dan semi permanen.

Selain itu, disediakan jaminan hidup beras dan non beras serta peralatan atau pembekalan lainnya kepada transmigran.

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024