Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya menyebutkan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 yang dilaksanakan di daerahnya, telah membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya dalam mengoptimalkan sektor pertanian.
 
“Kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0620/Kabupaten Cirebon ini membawa banyak manfaat, karena salah satu fokus utamanya adalah peningkatan produktivitas pertanian,” kata Wahyu di Cirebon, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: Pemkab Cirebon lakukan pemulihan lahan pertanian terdampak kekeringan
 
Ia menjelaskan salah satu kontribusi penting dari pelaksanaan TMMD, ditunjukkan dengan pembuatan jaringan pipanisasi sepanjang 1.200 meter di Desa Kubang, Cirebon.
 
Dengan pipanisasi ini, kata dia, para petani dapat melakukan pengairan lebih maksimal untuk lahan sawah seluas 55 hektare di desa tersebut.
 
Menurut Wahyu, hal tersebut bisa berdampak langsung pada peningkatan hasil panen, yang berujung pada terjaganya stabilitas stok beras di Kabupaten Cirebon.
 
“Lahan pertanian yang sebelumnya sering kekurangan air, terutama saat musim kemarau bisa teraliri air dengan baik,” ujarnya.
 
Selain itu, Wahyu menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur jalan melalui kegiatan TMMD juga telah memperbaiki akses distribusi hasil panen dari petani.
 
"Infrastruktur ini bukan hanya memudahkan transportasi, tetapi juga meningkatkan perekonomian petani di Desa Kubang dan sekitarnya," tuturnya.
 
Sementara itu Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar menjelaskan TMMD ke-121 ini merupakan bagian dari program nasional yang dilaksanakan serentak di berbagai wilayah, termasuk pada empat titik di Jawa Barat.
 
Khusus di Cirebon, ia menyampaikan Kodim 0620/Kabupaten Cirebon telah melakukan peningkatan infrastruktur jalan sepanjang 1.200 meter di Desa Kubang, yang sebelumnya sulit dilalui kendaraan.
 
Selain infrastruktur, kegiatan TMMD ke-121 juga mencakup program non-fisik seperti ceramah bela negara, wawasan kebangsaan, dan penyuluhan terkait bahaya narkoba bagi generasi muda.
 
"Kami berharap program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Kubang," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Cirebon gandeng swasta penuhi kebutuhan dokter spesialis

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024