Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melakukan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerahnya dengan menggandeng rumah sakit swasta untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis.
 
“Langkah ini diambil guna mengatasi kekurangan tenaga medis yang saat ini dirasakan di Kabupaten Cirebon,” kata Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Wahyu Mijaya di Cirebon, Kamis.
 
Ia menjelaskan pemenuhan tenaga medis spesialis menjadi prioritas utama, guna memastikan masyarakat di Kabupaten Cirebon mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal dari para ahlinya.
 
Kabupaten Cirebon, kata dia, memiliki jumlah penduduk sekitar 2,4 juta jiwa, sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang ada saat ini hanya sekitar 7.500 orang.
 
Wahyu menyebutkan jumlah tersebut masih belum mencukupi, karena kondisi sekarang perbandingan rasionya hanya mencapai 0,33 per 1.000 penduduk.
 
Melalui kerja sama ini, Pemkab Cirebon berupaya meningkatkan rasio tersebut dan memberikan layanan kesehatan yang lebih optimal bagi masyarakat.
 
“Kehadiran rumah sakit swasta dapat mengatasi kekurangan dokter spesialis di Kabupaten Cirebon, sehingga layanan kesehatan bisa ditingkatkan. Salah satu rumah sakit swasta yang terlibat adalah Sentra Medika Hospital Gempol,” ujarnya.

Sementara itu President Director Sentra Medika Hospital Group Eddy Suharso mengemukakan pihaknya sudah berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah, terutama dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis.
 
Selain itu, pihaknya pun mendukung pemerataan layanan kesehatan di Kabupaten Cirebon pada kawasan pinggiran, yang salah satunya berada pada Kecamatan Gempol.
 
"Kami ingin hadir memberikan pelayanan di daerah pinggiran yang selama ini kurang mendapatkan perhatian," tuturnya.
 
Dia menambahkan rumah sakit yang didirikan di kecamatan itu, telah memiliki kapasitas 103 tempat tidur dan ditunjang dengan adanya beberapa dokter spesialis.
 
Pihaknya juga saat ini sedang berupaya untuk menempuh proses administratif, agar bisa segera melayani pasien melalui program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan.
 
“Rumah sakit umum swasta di Kecamatan Gempol merupakan rumah sakit kelas C, tetapi dilengkapi dengan fasilitas dan layanan setara rumah sakit kelas B,” ujar dia.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024