Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan bantuan pangan beras untuk bulan April-Mei 2024 dengan alokasi 6.000 ton setiap bulan sudah tersalurkan 100 persen kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah kerjanya.
 
“Wilayah kerja kami itu adalah Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka serta Kuningan. Alokasi bantuan pangan untuk bulan April dan Mei sudah tersalurkan semua,” kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal di Cirebon, Selasa.

Baca juga: Bulog Cirebon: Realisasi penyerapan panen petani sudah 156 persen
 
Ia menjelaskan Perum Bulog Cirebon telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bantuan pangan beras secara merata dan tepat sasaran kepada setiap KPM yang terdaftar.
 
Adapun saat ini, kata dia, bantuan beras dengan alokasi sebanyak 6.000 ton kembali disalurkan untuk membantu KPM mencukupi kebutuhan pangan selama bulan Juni 2024.
 
“Pelaksanaan untuk alokasi Juni mulai dilakukan. Sebagai contoh untuk Kabupaten Cirebon kita sediakan sekitar 2.800 ton beras pada program bantuan pangan ini,” ujarnya.
 
Ia memastikan alokasi pada program bantuan pangan pemerintah tidak mengganggu ketersediaan beras di semua gudang milik Perum Bulog Cirebon. Sebab pengadaanya tetap disuplai dari serapan panen petani di wilayahnya.
 
Menurut dia, program bantuan yang digulirkan bertujuan untuk mendekatkan akses pangan bagi masyarakat tidak mampu sesuai dengan penugasan dari pemerintah pusat.
 
Imam menyebut program seperti ini juga sangat membantu dalam pendistribusian beras, agar harga komoditas itu tetap stabil khususnya pada tingkat konsumen.
 
“Saat ini kita juga tahu kalau tingkat inflasi di Cirebon menurun, karena suplai beras yang menjadi item penyumbang inflasi tetap terjaga,” katanya.
 
Ia menambahkan Perum Bulog Cirebon pun telah menyalurkan sebanyak 376 ton beras SPHP melalui program operasi pasar murah, maupun didistribusikan langsung kepada pedagang yang menjadi mitra.
 
“Memang angkanya turun dibandingkan beberapa bulan lalu, karena saat ini musim panen,” ucap dia.

Baca juga: Cadangan beras di Bulog Cirebon tersedia 56.979 ton

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024