Pemerintah Kabupaten Cianjur Jawa Barat memberikan berbagai pelayanan kedinasan untuk warga dalam kegiatan ngabuburit dan tarawih keliling di setiap kecamatan mulai dari pengurusan administrasi kependudukan hingga permohonan nomor induk berusaha.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Sabtu mengatakan, kegiatan ngabuburit dan tarawih keliling diikuti seluruh dinas di lingkungan Pemkab Cianjur, namun yang memberikan pelayanan hanya beberapa dinas yang terkait dengan kebutuhan warga.

Baca juga: Polres Cianjur turunkan 400 personel antisipasi perang sarung

"Mulai dari Diskoperindag, Disdukcapil, Dinkes, dan Dinas Perizinan, membuka pelayanan di setiap kegiatan yang digelar di setiap kecamatan dengan target seluruh kecamatan dapat dikunjungi selama bulan puasa," katanya.

Herman menjelaskan, warga yang membutuhkan pelayanan kedinasan seperti permohonan KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, serta mengurus izin usaha atau mendapatkan nomor induk berusaha cukup datang ke lokasi ngabuburit di setiap kecamatan.

Hal tersebut dilakukan guna meringankan beban warga yang tidak perlu datang ke kantor dinas untuk mengurus administrasi kependudukan, cukup datang ke setiap acara ngabuburit bersama Bupati Cianjur yang digelar di setiap kecamatan selama bulan puasa.

"Seluruh dinas akan memberikan berbagai pelayanan selama kegiatan, sehingga warga yang membutuhkan pelayanan kedinasan silakan datang ke acara ngabuburit di setiap kecamatan yang kami kunjungi, di mana lokasinya akan disosialisasikan melalui aparat desa hingga RT/RW," katanya.
Dalam setiap kegiatan, pihaknya mendistribusikan beras bantuan pemerintah untuk ratusan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se- Cianjur, termasuk memberikan santunan untuk anak yatim dan jompo yang ada di wilayah tersebut.

Sementara warga Kecamatan Cibeber, di mana kegiatan ngabuburit bupati Cianjur digelar, menyambut dengan meriah kegiatan tersebut yang berdatangan dari berbagai desa, selain ingin bertemu bupati, mereka memanfaatkan pelayanan kedinasan salah satunya membuat KTP.

"Harapan warga kegiatan seperti ini rutin dilakukan, selain pelayanan dinas, juga digelar pasar pangan murah, sehingga dalam satu kegiatan dapat berbagai kemudahan bagi semua kalangan," kata tokoh warga Kecamatan Cibeber, Taufik Winata.

Baca juga: Pemkab percepat pengoperasian RSUD Sindangbarang Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024