Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, mencatat 1.742 pelaku UMKM di daerahnya menerima bantuan modal pengembangan bisnis dari program Kredit Usaha Warung Kecil (Kruw-Cil) dengan total dana yang tersalurkan mencapai Rp7,58 miliar.
 
Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan bahwa bantuan kredit usaha dengan nominal tersebut sudah disalurkan sejak 2021 dan berlanjut sampai sekarang, untuk memberikan kemajuan bagi pelaku UMKM setempat.

Baca juga: Bupati Indramayu Bandara Kertajati promosikan produk UMKM
 
“Program ini merupakan stimulan bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Indramayu dengan skema pemberian kredit lunak kepada pelaku UMKM. Sehingga berdampak positif untuk mereka,” kata Nina di Indramayu, Selasa.
 
Ia menyebut dengan program ini, pelaku UMKM dapat mengakses dana yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produksi hingga memperluas jangkauan pasar produk mereka.
 
Sebab, kata Nina, selama ini yang menghambat perkembangan usaha pelaku UMKM yakni mereka dihadapkan dengan kurangnya modal untuk memperluas cakupan bisnisnya.
 
Menurut dia, dengan dukungan bantuan permodalan itu UMKM dapat berkembang lebih baik lagi serta kegiatan usaha yang mereka jalankan nantinya dapat menyerap tenaga kerja lokal sehingga membantu mengurangi tingkat pengangguran.
 
“Pelaku UMKM bisa memakai bantuan ini untuk menginvestasikan dalam peralatan, teknologi, dan sumber daya manusia yang diperlukan. Ini membantu mereka bersaing secara lebih efektif di pasar yang semakin kompetitif,” ujar Nina.
 
Ia juga menyampaikan bantuan kredit ini tidak hanya membuka akses kepada UMKM untuk modal, tetapi memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperoleh pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola keuangan dengan bijak.
 
Sementara itu Kepala Bidang Koperasi dan UKM Diskopdagin Kabupaten Indramayu Nahdiyah menuturkan pada pelaksanaan program Kruw-Cil, pihaknya menggandeng Bank Jabar Banten sebagai bank penyedia kredit untuk menyuntikkan dana secara berkala bagi pelaku UMKM di daerahnya.
 
Dia menyatakan saat sektor UMKM berkembang, maka kegiatan usaha tersebut menjadi tulang punggung ekonomi di daerah pedesaan dan perkotaan kecil.
 
Bantuan kredit untuk UMKM, tambah dia, akan memperkuat komunitas lokal, mendukung para pelaku usaha lokal, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
 
“Kehadiran program Kruw-Cil sangat bermanfaat bagi masyarakat Indramayu khususnya pelaku UMKM,” katanya.

Baca juga: UMKM Indramayu dilatih pasarkan produk tembus pasar modern

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024