Satuan Narkoba Polresta Cirebon, Jawa Barat, menangkap 13 orang pelaku yang menjalankan praktik peredaran narkotika serta obat-obatan terlarang di wilayah hukumnya dalam kurun waktu Februari 2024.
 
Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni di Cirebon, Selasa, menjelaskan dari penangkapan belasan pengedar itu telah disita 70,58 gram narkotika jenis sabu-sabu, 6,2 gram ganja dan 13.857 butir obat keras tanpa izin edar sebagai barang bukti.

Baca juga: Polresta Cirebon bongkar praktik ilegal penjualan BBM bersubsidi
 
“Selama periode itu kami mengungkap 10 kasus tindak pidana peredaran narkotika dan obat berbahaya. Jumlah tersangka terdiri dari tujuh orang pengedar sabu-sabu, ganja dua orang dan obat terlarang empat orang,” kata dia.
 
Ia menyampaikan belasan tersangka telah beroperasi dalam periode waktu tertentu menggunakan berbagai metode untuk mengedarkan barang haram tersebut. Misalnya memakai sistem tempel serta pertemuan langsung atau cash on delivery (COD).
 
Dari hasil pemeriksaan, kata dia, para tersangka itu menjalankan aksinya di delapan kecamatan dengan kasus paling banyak terjadi di Kedawung serta Plumbon, Cirebon.
 
Menurut Sumarni, seluruh tersangka itu sedang menjalani proses hukum lebih lanjut karena terbukti menyimpan serta menjual narkotika dan obat berbahaya.
 
“Jumlah barang bukti jika kita nominalkan mencapai Rp70,58 juta untuk sabu-sabu, ganja senilai Rp1,8 juta dan obat berbahaya sekitar Rp13,85 juta,” ujarnya.
 
Adapun para tersangka, lanjut dia, memiliki latar belakang yang berbeda misalnya berprofesi sebagai karyawan swasta dan ada juga seorang pelajar.
 
Sumarni menyebut untuk pengedar sabu-sabu dan ganja, para tersangka dijerat Pasal 111 Jo Pasal 112 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.
 
Untuk pengedar obat berbahaya dijerat Pasal 435 Jo Pasal 436 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan dengan hukuman penjara maksimal 12 tahun.
 
"Dengan pengungkapan kasus ini kami menyelamatkan 564 jiwa dari sabu-sabu, 15 jiwa dari penyalahgunaan ganja dan 4.619 jiwa dari kejahatan obat terlarang," ucap dia.

Baca juga: Polresta Cirebon membuat tugu udang dari knalpot bising hasil razia

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024