Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyatakan sebanyak 35.672 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) siap bertugas menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 setelah mereka mendapatkan bimbingan teknis.

"Kami meminta semua bekerja secara maksimal dan bisa menyukseskan Pemilu 2024," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Ami Imron Tamami saat pelantikan petugas KPPS di Gedung Islamic Center Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis.

Baca juga: KPU Tasikmalaya tambah petugas pekerja sortir dan lipat surat suara pemilu

KPU Kabupaten Tasikmayala sesuai instruksi KPU RI menyelenggarakan pelantikan petugas KPPS secara serentak yang digelar di masing-masing kecamatan dengan jumlah seluruhnya 35.672 orang.

"Yang dilantik sekarang serentak di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 35.672 orang petugas KPPS," katanya.

Seluruh petugas KPPS itu sebelum melaksanakan tugasnya menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan mengikuti bimbingan teknis terkait tata cara dan peraturan yang harus dipatuhi KPPS.

"Besok mereka akan mengikuti bimtek di kecamatan masing-masing," katanya.

Ia menyampaikan para petugas KPPS itu akan melaksanakan tugas pada 5.096 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Tasikmalaya dengan masa kerja selama satu bulan mulai 25 Januari sampai 25 Februari 2024.
"Tugas pokok dari KPPS adalah pelaksana teknis pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu di tingkat TPS," katanya.

Usai pelantikan, jajaran KPU Kabupaten Tasikmalaya bersama petugas KPPS melakukan kegiatan tanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Instruksi dari KPU RI bahwa untuk melestarikan alam, semua (KPPS) sekarang setelah pelantikan melakukan penanaman pohon," katanya.

Baca juga: KPU Tasikmalaya: Seribuan pemilih ajukan pindah daerah memilih

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024