Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggandeng pihak swasta guna mewujudkan pembangunan instalasi pengolahan sampah di area kawasan industri sebagai salah satu upaya penanganan darurat sampah di daerah itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan instalasi pengolahan sampah yang akan dibangun di kawasan industri Jababeka berkapasitas sangat besar, sehingga perlu dukungan bersama.

"Kami memandang ini bisa dikembangkan menjadi kerja sama. Karena pemerintah daerah juga menghadapi persoalan kapasitas pengolahan yang masih sangat terbatas. Kita sudah bahas bagaimana memadukan dua kepentingan ini untuk kemajuan bersama," katanya di Cikarang, Jumat.

Dia mengaku pemerintah daerah bersama pihak Jababeka saat ini masih mencari formula kerja sama yang tepat untuk merealisasikan pembangunan instalasi olah sampah tersebut.

"Biasanya lazim kita gunakan KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha) tetapi proses konsep ini biasanya cukup lama dan panjang. Mungkin kita coba dengan investasi di sektor swasta murni ataupun melalui bantuan pemerintah pusat," katanya.
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bekasi gandeng swasta bangun instalasi olah sampah industri

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024