Kapolresta Cirebon Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sumarni memastikan tahapan sortir dan lipat surat suara Pemilu sebanyak 8 juta lembar di gudang logistik KPU Cirebon, Jawa Barat, berjalan kondusif berkat pengamanan yang dilakukan personelnya.
 
"Kami sudah menempatkan petugas-petugas kami di semua titik, khususnya untuk mengamankan semua tahapan yang dilakukan KPU," kata Kapolresta Sumarni di Cirebon, Jumat.

Sumarni menjelaskan pengerahan sejumlah personel di setiap kegiatan KPU maupun Bawaslu setempat, merupakan tugas wajib yang harus dijalankan Polresta Cirebon dengan beberapa penyesuaian.

Salah satunya dengan menerapkan sistem ploting di beberapa titik, untuk menjamin tidak adanya gangguan yang bisa menghambat jalannya tahapan pemilu di Cirebon. Termasuk dalam proses sortir dan lipat surat suara.

Selain itu, Sumarni pun mengaku telah meninjau langsung proses sortir dan lipat suara itu dengan didampingi petugas KPU serta Bawaslu Kabupaten Cirebon.

Hasilnya, tutur dia, sekitar 750 pekerja yang terlibat sudah melakukan sortir dan lipat surat suara Pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Seluruh jajaran Polresta Cirebon terus menjalin sinergisitas dan berkolaborasi untuk mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi di Cirebon yang aman dan kondusif," jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi menyampaikan kegiatan sortir dan lipat tersebut ditargetkan selesai dalam 10 hari ke depan.
Ratusan pekerja yang berasal dari masyarakat itu sudah dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian disebar di tiga titik guna menyelesaikan sortir dan lipat untuk lima jenis surat suara yang masing-masing berjumlah 1.772.655 lembar.

"Ratusan petugas tersebar di tiga titik. Nanti dievaluasi, jika belum sampai target, opsinya akan ditambah jam atau orangnya," tuturnya.

Sopidi juga memberikan apresiasi terhadap jajaran Polresta Cirebon yang secara berkala ikut mengamankan proses tersebut.
 
"Semua upaya itu dilakukan guna memastikan sortir dan lipat surat suara dari aspek pengamanannya berjalan sesuai dengan prosedur tetap," ucap dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024