Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan berbagai kemudahan bagi investor yang hendak berinvestasi diberbagai wilayah di Cianjur, mulai dari pariwisata, hotel, rumah makan sampai dengan rumah sakit, salah satunya kemudahan izin dan peta lokasi strategis.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Jumat, mengatakan setelah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Cianjur ditetapkan Pemprov Jawa Barat, peluang berinvestasi akan semakin terbuka luas terutama di sejumlah titik yang semula terlarang dialih fungsikan.

Baca juga: Pemkab Cianjur buka peluang investasi di berbagai bidang

"Kami akan mengembangkan sejumlah kecamatan menjadi lahan pilihan untuk berinvestasi bagi investor, seperti kawasan industri di wilayah timur yang ditunjang dengan pengembangan obyek wisata dapat diberikan kemudahan dalam perizinan dan pendampingan," katanya.

Sedangkan untuk wilayah selatan, ungkap dia, terbuka luas bagi investasi bidang pariwisata, hotel, perikanan sampai dengan rumah sakit, sehingga pilihan tersebut dapat memudahkan investor untuk menentukan bidang yang akan dikembangkan di Cianjur.

Selama ini tutur Herman, perizinan di Cianjur mendapatkan posisi terbaik ke 4 se Indonesia, karena pihaknya bersama  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkomitmen untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan dalam investasi, sehingga mendukung semua investor datang ke Cianjur.

"Cianjur merupakan wilayah terluas kedua di Jawa Barat, memiliki berbagai potensi investasi mulai dari pariwisata, hotel, penginapan, kafe dan pusat perbelanjaan yang sejak beberapa tahun terakhir terus bertambah jumlahnya," kata Herman.
Sehingga peluang besar terbuka bagi investor dari berbagai bidang yang hendak berinvestasi di Cianjur, dengan jaminan berbagai kemudahan terutama perizinan yang banyak dirasakan investor yang sudah berinvestasi diberbagai bidang.

Termasuk dalam pengembangan obyek wisata baru yang membutuhkan fasilitas penunjang seperti hotel, rumah makan, restoran dan fasilitas lainnya, karena sejak beberapa bulan terakhir pihaknya menggenjot angka kunjungan wisatawan ke Cianjur terus meningkat.

"Berbagai potensi yang dapat mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Cianjur, seperti kawasan wisata pantai Cianjur yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah namun masih minim sarana dan prasarana penunjang," katanya.

Baca juga: Realisasi penerimaan investasi di Cianjur capai 70 persen

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023