Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menggiatkan patroli siber di dunia maya untuk mencegah dan menangkal informasi hoaks terkait masa kampanye Pemilu 2024.

“Kami mengedepankan cyber patrol dengan satuan tugas (satgas) khusus untuk patroli siber, terutama konten-konten atau akun-akun, yang memang menyebarkan dan mendistribusikan narasi yang sifatnya hoaks. Itu dilakukan sebagai langkah pencegahan,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Jumat.

Baca juga: Polresta Cirebon gratiskan pembuatan SIM D untuk difabel

Ia menjelaskan patroli siber itu masih masuk dalam tahapan Operasi Mantap Brata 2023-2024, dengan mengerahkan sejumlah personel yang dibagi menjadi beberapa satgas guna melaksanakan pengamanan bersifat preventif dan preemtif.

Oleh sebab itu, kata dia, kegiatan patroli siber akan terus digiatkan sehingga pelaksanaan semua tahapan Pemilu 2024 di wilayah hukum Polresta Cirebon dapat berjalan aman dan damai tanpa adanya informasi hoaks.

“Kami juga mengimbau untuk melakukan filter sebaran informasi yang tidak bisa diyakini kebenarannya, dan tidak serta merta disebarkan, atau didistribusikan. Cek kembali kebenarannya,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan selama Pemilu 2024, Kapolresta menjamin seluruh personel Polresta Cirebon akan bersikap netral dan tidak berpihak pada kontestan manapun.
 
Ia menyebutkan bila ada oknum yang disinyalir melakukan tindakan tersebut, masyarakat tidak perlu ragu-ragu untuk melaporkan hal itu sesuai mekanisme yang ada.
 
“Kami juga sampaikan jajaran Polresta Cirebon sebagaimana instruksi dari Kapolri dan Kapolda, kami menjamin netralitas seluruh personel sampai tingkat bawah,” tuturnya.
 
Arif mengajak semua kontestan yang menjadi peserta Pemilu 2024 untuk lebih mengedepankan kampanye positif dengan menyampaikan gagasan, ide serta visi dan misi untuk kemajuan Indonesia.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap 35 tersangka kasus narkoba
 
Dengan demikian, warga memiliki banyak opsi untuk memakai hak pilih sesuai keinginannya.

“Kami dari jajaran Polresta Cirebon mengimbau kepada seluruh kontestan dalam pelaksanaan kampanye, untuk sama-sama mengembangkan narasi kampanye positif. Kampanye positif adalah kampanye yang berisikan visi misi, ide gagasan dan strategi apabila terpilih,” jelas Arif.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023