Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, memberikan fasilitas pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis kepada 15 pengendara penyandang disabilitas yang ada di daerahnya guna memperoleh dokumen legalitas tersebut.

“Program pembuatan SIM gratis ini dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional kepada para penyandang disabilitas yang menjadi peserta uji SIM di Satpas Polresta Cirebon,” kata Kepala Polresta Cirebon Komisaris Besar Polisi Arif Budiman di Cirebon, Kamis.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap 35 tersangka kasus narkoba

Arif mengatakan belasan pengendara difabel itu sudah lulus ujian teori dan praktik sesuai tahapan yang ada, sehingga mereka berhak mendapatkan SIM D.

Dalam program pembuatan SIM D, para pengendara difabel tersebut dibebaskan biaya dan bisa mengikuti seluruh tahapan pembuatan dokumen itu secara gratis.

“Mereka dibebaskan biaya atau gratis untuk pembuatan SIM D. Dalam ujian teori dan praktik semuanya dinyatakan lulus,” ujarnya.

Kapolresta menuturkan dalam regulasi yang ada, semua orang memiliki hak untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Termasuk masyarakat penyandang disabilitas.

Oleh sebab itu, para pengendara berstatus difabel bisa dan punya kesempatan yang sama untuk membuat SIM. “Teman-teman difabel bisa mengurus pembuatan SIM D, karena kepemilikan SIM sudah diatur dalam undang-undang,” katanya.
Lebih lanjut, Arif menyampaikan dalam kegiatan tersebut pihaknya juga memberikan sosialisasi bahwa semua warga negara harus memiliki SIM untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

Selain itu, dengan program SIM D gratis diharapkan masyarakat lainnya dapat mengambil pelajaran untuk tetap semangat dalam mencari nafkah.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap 18 tersangka dari 12 kasus selama sebulan

Ia menuturkan belasan pengendara difabel yang sudah mendapatkan SIM D itu, tetap berusaha menjalani hidup dan bertanggungjawab memenuhi kebutuhan keluarga.

“Pemberian SIM gratis untuk teman-teman difabel ini sebagai bahan refleksi dan motivasi bagi anggota polisi dan masyarakat umum. Karena semangat mereka yang tidak menyerah dengan keadaan harus menjadi motivasi serta patut ditiru,” ucapnya.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023