PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) memberikan bantuan panel surya kepada SMP Negeri 7 Kota Cirebon, Jawa Barat, sebagai implementasi pemanfaatan energi bersih dan terbarukan.
 
Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari Firasati di Kota Cirebon, Kamis, menyampaikan sekolah tersebut menjadi mitra binaan PHE ONWJ dalam program Sekolah Energi Berdikari (SEB). Di mana program itu bertujuan guna mempercepat target net zero emission yang digagas pemerintah pusat.
 
Dalam program SEB, kata Haspari, Pertamina berkomitmen membantu SMPN 7 Kota Cirebon untuk meraih level mandiri dalam kegiatan Sekolah Adiwiyata. Mengingat sekolah itu telah meraih predikat tersebut pada tingkat nasional.
 
“Ketika sudah sampai level mandiri, SMPN 7 Kota Cirebon bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain. Melalui program (SEB) ini anak-anak memahami mengenai pentingnya pemanfaatan energi bersih yang ramah lingkungan,” katanya.
 
Dirinya menjelaskan, program SEB sendiri adalah pengembangan dari program Desa Energi Berdikari (DEB), yang selama ini telah dijalankan Pertamina.
 
Di Kota Cirebon, program DEB dilaksanakan pada kawasan Kampung Keberagaman dengan pemasangan panel surya sebagai sumber listrik yang mendukung  gerai UMKM hingga menjadi industri pembuatan batik ramah lingkungan.
 
"Program DEB yang sudah dijalankan selama ini di wilayah ring 1 Pertamina dalam rangka mendukung target net zero emission yang digagas pemerintah," ujarnya.
 
Sementara itu Kepala SMP Negeri 7 Kota Cirebon Euis Sulastri mengatakan, pihaknya mendapatkan bantuan panel surya berkapasitas 3,3 kilowatt serta beberapa bibit pohon alpukat, durian, jambu, dan jeruk lemon untuk ditanam pada lingkungan sekolah.
 
Dengan bantuan tersebut, Euis berharap bisa memanfaatkannya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan di SMP Negeri 7 Kota Cirebon.
 
“Adanya bantuan dan dukungan dari Pertamina merupakan mimpi besar kami yang terwujud tiba-tiba,” ujarnya.
 
Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cirebon Eti Herawati menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina karena telah menjadikan SMP Negeri 7 Kota Cirebon sebagai salah satu mitra binaan program SEB.
 
“Dari 10 titik di Indonesia, salah satunya SMPN 7 Kota Cirebon yang jadi lokasi program sekolah energi berdikari Pertamina,” ucap dia.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023