Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendistribusikan 20 ribu liter air bersih untuk warga di sejumlah desa terdampak kekeringan di Kecamatan Cianjur dan Cugenang selama dua hari terakhir.

Kepala Markas PMI Cianjur Fajar Aciana di Cianjur, Selasa, mengatakan pihaknya menyiagakan satu unit tangki air bersih untuk melayani permintaan warga di sejumlah wilayah yang mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca juga: BPBD Cianjur minta wilayah terdampak kekeringan siapkan bak penampungan air

"Setiap harinya kami melayani dua kali permintaan warga yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat dampak musim kemarau dan hilangnya sumber mata air warga setelah gempa delapan bulan yang lalu," katanya.

PMI Cianjur bersama dinas terkait, seperti Dinas PUTR dan BPBD Cianjur, sempat menggelar rapat koordinasi guna mengantisipasi dampak musim kemarau dengan menyiagakan truk tangki air bersih yang dipasok Perumdam Tirta Mukti Cianjur.

Sejak dua hari terakhir, tutur dia, permintaan pasokan air bersih akibat kekeringan meningkat dari sejumlah kecamatan di Cianjur, termasuk kecamatan di wilayah timur Cianjur seperti Cikalongkulon, Haurwangi, Sukaluyu, dan Ciranjang.

"Untuk pasokan ke wilayah timur, dilayani truk tangki Perumdam Cianjur, dan tangki air bersih milik Dinas PUTR Cianjur. PMI Cianjur lebih fokus ke wilayah utara seperti Kecamatan Cugenang dan Pacet," katanya.
Direktur Teknis Perumdam Cianjur Syamsul Hadi mengatakan sejak satu pekan terakhir pihaknya mendapatkan permintaan air bersih yang cukup tinggi dari sejumlah wilayah terdampak kekeringan, sehingga koordinasi dilakukan dengan berbagai pihak, termasuk PMI Cianjur.

"Kami siagakan truk tangki air bersih milik Perumdam Cianjur, Dinas PUTR Cianjur, dan PMI Cianjur, untuk memasok kebutuhan air bersih warga di wilayah terdampak kekeringan mulai dari wilayah utara, timur dan selatan," katanya.

Pihaknya meminta warga yang membutuhkan pasokan air bersih dapat menyiapkan bak penampungan agar memudahkan petugas ketika menyuplai air bersih ke wilayah terdampak setiap harinya. "Hitungan per hari lebih dari 50 ribu liter air yang didistribusikan," katanya.

Baca juga: Pemkab Cianjur siapkan truk tangki untuk suplai air ke perumahan relokasi

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023