Institut Teknologi Bandung (ITB) meluluskan doktor pertama Program Studi Doktor Sains dan Teknologi Nano, Sekolah Pascasarjana ITB dengan nama Jotti Karunawan dengan disertasi "Modifikasi Struktur dan Permukaan Material Katode Li-rich Kapasitas Tinggi untuk Aplikasi Baterai Ion Litium".
 
“Saat ini, baterai ion litium merupakan pilihan utama perangkat penyimpan energi pada kendaraan listrik karena memiliki densitas energi dan daya yang paling dekat dengan combustion engine," kata Jotti Kaeunawan ketika dihubungi, Jumat.

Baca juga: Mahasiswa ITB raih Designer of The Year
 
Penelitian Jotti tersebut dilatarbelakangi oleh potensi kendaraan listrik yang terus berkembang pada beberapa tahun belakangan ini khususnya di Indonesia.
 
"Densitas energi pada baterai Li-ion sangat tergantung pada material katode. Sehingga berbagai penelitian berfokus untuk mengembangkan material katode dengan spesifik kapasitas tinggi, tegangan kerja tinggi, serta masa hidup yang panjang,” kata Jotti.
 
Jotti menjelaskan bahwa material katode Li-rich memiliki kapasitas yang paling tinggi dibandingkan dengan material katode lain yang telah dikembangkan.
 
Selain itu, material ini juga memiliki kestabilan termal yang baik, densitas energi yang tinggi, serta rentang tegangan kerja yang lebar.
 
Oleh karena itu, Jotti berpendapat bahwa material katode Li-rich berpotensi dikembangkan menjadi next generation battery.
 
Namun, menurut hasil risetnya, material tersebut belum dapat dikomersialisasikan karena memiliki beberapa permasalahan seperti cacat struktur saat sintesis dan degradasi permukaan pada materialnya.
 
Berangkat dari permasalahan tersebut, di bawah bimbingan Prof. Dr. Ferry Iskandar dan Afriyanti Sumboja, Ph.D., Jotti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan material katode Li-rich dengan memodifikasi struktur dan permukaan materialnya.
 
Berdasarkan hasil penelitiannya, Jotti menyimpulkan bahwa radiasi gelombang mikro pada metoda sintesis solid-state meningkatkan keseragaman struktur material katode Li-rich.

Baca juga: Pemkot Bandung libatkan ITB revitalisasi kawasan Jalan Ganesha
 
Selain itu, terbentuknya multi struktur layered-layered-spinel menyebabkan kestabilan siklus meningkat. Degradasi permukaan juga dapat dihambat dengan pelapisan SiO2+CN pada skala nanometer.
 
Perjuangan Jotti dalam studi S3-nya selama kurang lebih tiga tahun membuahkan hasil yang baik. Jotti Karunawan berhasil meraih gelar doktor dengan yudisium cumlaude.
 
Selama studi, dia juga sudah menerbitkan 10 publikasi terindeks.
 
Dari 10 publikasi tersebut, terdapat delapan publikasi yang masuk ke dalam kategori jurnal internasional Q1 dan Q2. Pencapaian ini menunjukkan dedikasi Jotti yang kuat dalam dunia penelitian.
 
“Kalau ditanya cita-cita dan rencana ke depannya, saya sendiri masih ingin melanjutkan penelitian untuk mengembangkan material katoda baterai ini,” kata Jotti.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023