Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mencatat kenaikan volume kendaraan dengan ciri khas mudik melintas di jalur utama Cianjur, satu hari menjelang Idul Adha didominasi kendaraan roda dua dengan tujuan kota/kabupaten di Jawa Barat.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso di Cianjur Rabu, mengatakan berbagai upaya antisipasi seperti rekayasa arus diberlakukan selama libur panjang Idul Adha guna mencegah terjadinya macet total seperti Idul Fitri lalu.

"Kami terjunkan 300 anggota untuk melakukan pengamanan di sepanjang jalur utama Cianjur selama libur panjang Idul Adha yang diperkirakan akan terjadi puncaknya pada hari Minggu (2/7/2023)," katanya.

Satu hari menjelang Idul Adha, pihaknya mencatat kenaikan volume kendaraan yang melintas di sepanjang jalur utama seperti Puncak Pass, By Pass-Cianjur dan Jalan Raya Bandung-Cianjur, per menit 300 kendaraan roda dua dan empat melintas dengan tujuan Bandung.

Untuk memberikan pelayanan bagi warga khususnya pengendara dengan tujuan mudik jarak dekat, pihaknya juga melibatkan jajaran Polsek untuk memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi warga serta mengatur kelancaran arus lalulintas.

"Kami minta pengendara untuk tetap mematuhi aturan lalulintas dan mematuhi imbauan dari petugas, terutama saat terjadi puncak arus guna menghindari macet total terutama di jalur Puncak dan Jalan Raya Bandung-Cianjur," kata Anaga.

Sementara hingga Rabu petang, volume kendaraan terus meningkat di sepanjang jalur utama Cianjur dengan tujuan Bandung dan seterusnya, namun tidak menyebabkan antrean panjang kendaraan termasuk di sejumlah titik rawan macet seperti Pasar Cipanas, Pasar Ramaya dan Pasar Ciranjang.

Ratusan petugas berseragam disiagakan di belasan pos pam yang ada mulai dari kawasan Puncak Pass hingga eks Tol Citarum di Kecamatan Haurwangi, mereka mengatur arus lalulintas yang semakin padat menuju Bandung atau sebaliknya menuju Cianjur agar tidak terjadi macet.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023